TANGSELIFE.COM – Jenderal Agus Subiyanto kini secara resmi menjabat sebagai Panglima TNI, usai dilantik Prsiden Joko Widodo (Jokowi) di Instana Negara, Jakarta, Rabu, 22 November 2023.

Jendral Agus Subiyanto dilantik sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan di Jakarta tanggal 22 November 2023.

Selesai membacakan Keppres tersebut, Jokowi langsung melakukan penyematan dan juga pengambilan sumpah jabatan.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Agus saat mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden.

Jenderal Agus Subiyanto Hanya Jabata KSAD Sebulan

Diketahui, Agus Subiyanto belum lama dilantik menjadi KSAD, yakni pada 25 Oktober 2023.

Lalu, Jenderal Agus Subiyanto kemudian terpilih menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2024.

Jenderal Agus Subiyanto telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR pada Senin, 13 November 2023.

Pengesahan pun dilakukan oleh DPR RI pada rapat paripurna, Selasa, 21 November 2023.

Sopiyan
Editor