TANGSELIFE.COM – Uni Eropa menyebutkan pembentukan Negara Palestina akan menjaddi cara terbaik, untuk menjamin kemanan Israel.

Hal itu dikatakan langusng Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, seperti dilansir AFP, Selasa 21 November 2023.

Borrell, menyampaikan hal itu dalam rapat dengan 27 Menteri Luar Negeri dari 27 negara anggota Uni Eropa, di serta tur ke Timur Tengah.

Di mana tur ke Timur tengah tersebut, salah satu agenda besar yang dibahas ialah perang antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza, Palestina.

Diplomat top Uni Eropa ini mengatakan dirinya telah menarik ‘kesimpulan politik yang mendasar’ dari diskusi di seluruh kawasan.

“Saya pikir jaminan terbaik bagi keamanan Israel adalah pembentukan negara Palestina,” cetus Borrell dalam ringkasan tertulis dari rapat para Menlu Uni Eropa.

Negara Palestina di Masa Depan

Dalam pernyataannya, Borrell bersikeras Israel tidak boleh menduduki wilayah Gaza, dan mengambil kendali di wilayah itu.

Dimana kendali di wilayah Gaza harus tetap diserahkan kepada Palestina.

“Meskipun ada tantangan besar, kita harus memajukan refleksi kita mengenai stabilisasi Gaza dan neara Palestina di masa depan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, bahwa ada yang lebih penting atas situasi kemanusiaan yang sangat menyedihkan di Gaza.

“Resolusi Dewan Keamanan PBB menyerukan jeda kemanusiaan segera merupakan langkah maju yang besar, namun kita harus memastikan penerapannya secara cepat,” sebutnya.

Kekhawatiran lainnya ialah, kemungkinan konflik yang masih berlangsung akan semakin buruk, dan menyeret negara lainnya di kawasan Timur Tengah.

“Saat ini semakin meningkatanya ketegangan, dan risiko yang dihasilkan bisa semakin meningkat terhadpa warga Palestina,” katanya.

“Laporan tentang sebuah kapal yang dibajak oleh Houthi adalah sinyal mengkhawatirkan lainnya mengenai risiko penyebaran konflik regional,” pungkasnya.

Sopiyan
Editor