TANGSELIFE.COM – Nasib pembangunan IKN atau Ibu Kota Negara Nusantara dipertanyakan usai Kepala dan Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono dan wakilnya Dhony Rahajoe resmi mengundurkan diri.

Menyoal pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan IKN tetap berlanjut.

“Pembangunan IKN akan terus berlanjut sesuai visi bersama yang telah ditetapkan,” tulis Jokowi di akun instagram resmi @jokowi, Senin 3 Juni 2024.

Jokowi pun telah menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala OIKN.

Sementara itu, tugas sebagai Plt. Wakil Kepala OIKN diberikan pada Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni.

Keputusan tersebut berlaku sampai ditunjuknya Kepala dan Wakil Kepala OIKN definitif sesuai perundang-undangan.

“Agar program-program percepatan pembangunan IKN tetap terjamin,” ujar Jokowi.

Progres Pembangunan IKN

Jokowi menegaskan bahwa pembangunan IKN akan terus berjalan meski sudah ditinggal oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

Ayah dari Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka itu pun membeberkan perkembangan pembangunan di IKN saat ini.

Melalui unggahan di Instagram @jokowi, Jokowi membagikan agendanya untuk mengunjungi IKN pada Senin 3 Juni 2024.

Dari dalam pesawat Kepresidenan, Jokowi bertutur ia sedang dalam perjalanan bertolak ke IKN untuk menghadiri beberapa kegiatan.

“Kita akan melihat progress, perkembangan pembangunan, juga akan melakukan peletakan batu pertama groundbreaking beberapa institusi pendidikan,” ujar Jokowi.

Ayah mertua Wali Kota Medan Bobby Nasution ini pun mengatakan bahwa rencana Upacara HUT RI pada 17 Agustus akan jadi digelar di IKN.

“Dan juga melihat persiapan untuk upacara 17 Agustus yang akan datang,” pungkas Jokowi.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter