TANGSELIFE.COM – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 2024 pada Senin, 11 Maret.

Itu tandanya, tinggal menghitung hari lagi umat Islam di seluruh dunia akan melakukan puasa Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Mengutip dari laman Muhammadiyah, keputusan penetapan tersebut dilakukan menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki.

Hisab Hakiki merupakan metode yang berpatokan pada gerak benda langit, khususnya matahari dan bulan faktual (yang sebenarnya).

Gerak dan posisi bulan dalam metode tersebut dihitung untuk mendapatkan gerak dan posisi bulan yang sebenarnya dan setepat-tepatnya sebagaimana adanya.

Penetapan 1 Ramadhan 2024 versi Muhammadiyah juga telah tercantum di Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, serta Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

Maklumat tersebut telah diteken pada 12 Januari 2024 lalu.

Karena 1 Ramadhan 2024 dimulai pada Senin, 11 Maret 2024, umat Islam perlu mengetahui jadwal imsakiyah.

Imsakiyah sendiri merupakan jadwal yang di dalamnya memuat informasi waktu salat lima waktu, salah dhuha, dan tercantum juga jadwal imsak atau waktu 10 menit sebelum azan Subuh.

Waktu imsak sebagai penanda agar umat Muslim segera menyelesaikan makan sahur sekaligus bersiap untuk menjalankan ibadah salat Subuh.

Imsak bukan sebagai penanda puasa sudah dimulai, umat Islam masih diperbolehkan menyantap makanan sampai menjelang Subuh.

Jadwal Imsakiyah 1 Ramadhan 2024 Muhammadiyah

Berikut ini adalah cara melihat jadwal imsakiyah 1 Ramadhan 2024 DKI Jakarta dan Banten versi Muhammadiyah:

  • Kunjungi situs Muhammadiyah atau klik link berikut https://muhammadiyah.or.id/2024/02/download-jadwal-imsakiyah-ramadan-1445-h/
  • Pada menu portal, klik link ‘Di sini’
  • Setelah itu akan muncul tampilan Google Drive yang berisi jadwal Imsakiyah seluruh Indonesia
  • Pilih ibu kota provinsi yang ingin diketahui jadwal imsaknya
  • Tunggu beberapa saat sampai jadwal muncul
  • Jika ingin menyimpannya, klik menu ‘Download’ di pojok kanan atas laman
Dwi Oktaviani
Editor