TANGSELIFE.COM– Kapan malam nuzulul Quran 2023 belakangan ini banyak ditanyakan, karena kini Ramadan yang sudah memasuki pertengahan bulan.

Malam nuzulul Quran menjadi malam yang dinantikan oleh umat muslim karena pada malam itu banyak keberkahan dan pahala berlimpah yang akan Allah berikan kepada hamba-Nya.

Pada malam tersebut, umat Islam disarankan untuk memperbanyak ibadah dan amalan di malam nuzulul Quran.

Malam nuzulul Quran adalah malam saat dimana wahyu pertama yaitu kitab suci umat Islam disampaikan kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril.

Saat peristiwa tersebut, bertepatan dengan tanggal 17 Ramadan. Nabi Muhammad SAW menerima turunnya Quran dengan surat pertama adalah Al-Alaq ayat 1-5.

Sementara itu, untuk nuzulul Quran pada tahun 2023 ini akan jatuh pada tanggal 8 April 2023.

Hal ini dihitung mulai dari jatuhnya 1 Ramadan pada 22 Maret 2023, hingga hari 17 Ramadan yakni pada 8 April mendatang.

Untuk malam nuzulul Quran akan bertepatan pada hari Jumat (7/4) malam hingga Sabtu (8/4) dini hari.

Banyak hal yang mendasari kenapa malam nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadan menjadi malam yang begitu istimewa bagi umat Islam.

Selain karena faktor bahwa saat itu Al Quran diturunkan untuk pertama kalinya, 17 Ramadan juga menjadi tanggal terjadinya peristiwa penting.

Salah satunya seperti apa yang sudah dijelaskan dalam Al Quran surah Al-Anfal ayat 41:

وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Artinya:

“Dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami [Muhammad] di hari Furqan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu” (Q.S Al-Anfal:41).

Sejumlah ulama mengartikan kata “َوْمَ الْفُرْقَانِ” (yaumul furqan) sebagai bertemunya dua pasukan, yakni pasukan Muslim dan pasukan kafir Quraisy.

Pertemuan dua pasukan tersebut terjadi tepat pada tanggal 17 Ramadan.

Amalan saat Malam Nuzulul Quran

Pada malam nuzulul Quran ada banyak amalan baik yang bisa dilakukan. Misalnya dengan istiqomah membaca serta meresapi makna Al Quran pada setiap ayatnya.

Hal tersebut perlu dilakukan supaya apa yang terkandung dalam Al Quran bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana dalam sebuah riwayat, Abdullah bin Abbas menyebutkan ‘dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah SAW pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Al-Qur’an bersamanya (HR Al-Bukhari)’.

Umat Islam juga dianjurkan paling tidak khatam satu kali sepanjang Ramadan. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk i’tikaf atau berdiam diri di masjid.

Ketika i’tikaf bisa diisi dengan berzikir kepada Allah SWT pada malam Nuzulul Quran.

Pada malam nuzulul Quran umat Islam juga bisa mengisinya dengan salat malam, seperti salat sunah tahajud dan salat hajat.