TANGSELIFE.COM – Bagi yang ingin tukar uang baru untuk lebaran nanti, Bank Indonesia (BI) mengadakan program penukaran uang tunai untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

Dengan program “Semarak Rupiah dan Berkah Idul Fitri 2024” ini diadakan di Istora Senayan, Jakarta.

Untuk tukar uang baru ini, BI menaikan batasan jumlah uang yang bisa ditukarkan oleh masyarakat, yaitu Rp 4 juta.

Dimana sebelumnya masyarakat yang diberi batas penukaran uang sebesar Rp 3,8 juta saja.

Dengan program tukar uang baru ini, dengan menyediakan kas keliling dari BI tersebut, diharapkan masyarakat uang secara adil.

Dengan demikian, satu orang hanya dapat menukar uang tunai maksimal Rp4 juta per hari.

Jika ingin menukar lebih dari Rp4 juta maka harus datang keesokan harinya.

Untuk satu paket dapat ditukar di atas uang pecahan Rp1.000 sebanyak 100 lembar, pecahan Rp2.000 sebanyak 200 lembar.

Lalu, Rp5.000 sebanyak 100 lembar, Rp10 ribu sebanyak 100 lembar, Rp20 ribu sebanyak 50 lembar, Rp50 ribu sebanyak 20 lembar.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim, mengatakan bahwa program Serambi 2024, merupakan hal yang pertama bagi BI dan perbankan untuk melakukan program penukaran uang secara terpadu di satu titik.

“dengan kegiatan ini, dilaksanakan serentak di satu tempat, ka;au tahun lalu itu kami dan perbankan melakukan hal yang sama. Namun, di titik yang berbeda-beda,” ujarnya, Jakarta, Kamis 28 Maret 2024.

Lebih lanjut, Marlison, layanan penukaran uang di Istora Senayan untuk wilayah Jakarta ini berlangsung pada 28 hingga 31 Maret 2024.

Sehingga untuk total jumlah perbankan yang hadir adalah 16.

Sehingga setiap harinya, BI membuka kuota harian penukaran uang bagi masyarakat sebanyak 5.000 orang dan pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah).

Namun, BI tetap juga melayani masyarakat yang datang langsung ke Istora tanpa mendaftar melalui aplikasi selama persediaan masih ada.

“Untuk setiap harinya ini, kita buka kuota 5.000 orang dan sampai dengan tanggal 31 Maret 2024 sudah full. Kuota 5.000 setiap hari sudah full, penuh,” pungkasnya.

Sopiyan
Editor