TANGSELIFE.COM – Partai Demokrat angkat bicara terkait Partai Gerindra yang telah resmi mengusung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024.

Sebagai informasi, Partai Demokrat dan Gerindra sama-sama tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Namun untuk Pilkada Tangsel 2024, rupanya Partai Demokrat memilih jalan berbeda dengan partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan, partainya telah mantap mendukung pasangan incumbent Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan di Pilkada Tangsel 2024.

“Kami menghormati pasangan calon yang telah diputuskan diusung Partai Gerindra pada Pilkada Tangsel mendatang yang mengusung Ahmad Riza Patria berpasangan dengan Marshel Widianto,” kata Kamhar, dikutip dari CNN.

Pilkada Tangsel 2024, Partai Demokrat: Dinamika Politik Berbeda

Menyoal keputusan mengusung Riza Patria-Marshel, Demokrat menilai Gerindra sudah mempertimbangkan hal tersebut dengan matang.

Kamhar menyadari bahwa koalisi di Pilpres tidak selamanya bisa dibawa dan diaplikasikan ke tingkat daerah.

Sebab, salah satu faktor utamanya yakni adanya kondisi dinamika politik yang berbeda.

“Meskipun ada ikhtiar untuk mewujudkan koalisi linear antara koalisi Pilpres dengan koalisi Pilkada, namun semua partai yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju juga menyadari bahwa dinamika dan konfigurasi politik di daerah berbeda dengan di pusat,” terangnya.

Dijelaskan Kamhar, keputusan Demokrat untuk mendukung pasangan petahana di Pilkada Tangsel tahun ini telah jadi penugasan sekaligus aspirasi dari para kader.

“Untuk Pilkada Tangsel, Partai Demokrat sejak jauh-jauh hari telah menerbitkan Surat Tugas kepada paslon incumbent Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.”

“Aspirasi kader maupun struktur partai dari bawah mengerucut pada pasangan incumbent,” tandas Kamhar.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter