TANGSELIFE.COM – Jalur Lingkar Gentong yang berada di jalur arteri selatan, Tasikmalaya, Jawa Barat, alami kemacetan parah.

Kepadatan jalur itu, diakibatkan para pemudik yang mulai perjalanan arus balik, serta juga ramainya wisatawan.

Jalur Lingkar Gentong yang memiliki kecuraman tanjakan ini pun, menyebabkan banyak kendaraan yang tidak kuat saat menanjak.

Terlihat kendaraan yang tak kuat menanjak. Bahkan sejumlah kendaraan mengalami kerusakan pada bagian kopling yang membuat kendaraan tak bisa melaju.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Joko Sulistiono menjelaskan, selain tanjakan yang curam, juga tikungan tajam membuat kendaraan melambat.

“Ini tanjakan yang cukup menanjak, makanya kami minta kendaraan yang melintas di jalur ini harus benar-benar kondisinya baik,” ujarnya, Senin, 15 April 2024.

Joko juga mengatakan, para pengemudi pun diminta harus dalam kondisi sehat, karena butuh konsentrasi tinggi untuk melintasi jalan itu.

“Para pengemudi harus dalam kondisi sehat karena butuh konsentrasi, dan faktor cuaca saat ini hujan berpengaruh terhadap keselamatan berlalu lintas,” ungkapnya.

Kini pihaknya berkoordinasi dengan Polres Garut untuk menerapkan sistem one way atau satu arah.

Setidaknya, pemberlakukan satu arah ini dilakukan hingga Simpang Tiga Malangbong, yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Pos Terpadu Lingkar Gentong.

 

 

Sopiyan
Editor