TANGSELIFE.COM – Empat nama diusulkan untuk menduduki kursi pimpinan DPRD Kota Tangsel periode 2024-2029.

Empat nama yang diusulkan merupakan perwakilan dari empat partai politik yang berhasil memperoleh suara terbanyak pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 lalu.

Keempat nama tersebut diumumkan dalam Rapat Paripurna tentang Pengumuman Usulan Pimpinan Definitif DPRD Kota Tangsel yang digelar Rabu, 2 Oktober 2024.

Keempat nama tersebut di antaranya Abdul Rasyid dari Fraksi Partai Golkar sebagai ketua, Muhammad Yusuf dari Fraksi PKS sebagai wakil ketua I, Wanto Sugito dari Fraksi PDIP sebagai wakil ketua II dan Maria Teresa Suhardja dari Fraksi Partai Gerindra sebagai wakil ketua III.

Wakil Ketua DPRD Tangsel sementara, Ricky Yuanda Bastian mengatakan, setelah diumumkan, keempat nama tersebut akan disampaikan kepada Gubernur Banten untuk selanjutnya diresmikan pengangkatannya.

“Setelah ditetapkan, pimpinan sementara DPRD menyampaikan nama calon pimpinan kepada Gubernur melalui Wali Kota untuk diresmikan pengangkatannya,” kata Ricky, Rabu, 2 Oktober 2024.

Untuk diketahui selama belum memiliki pimpinan definitif sejak dilantik pada Kamis, 29 Agustus 2024 lalu, DPRD Tangsel periode 2024-2029 dipimpin oleh pimpinan sementara yaitu Rahmat Hidayat dari Fraksi Partai Golkar dan Ricky Yuanda Bastian dari Fraksi PKS.

Empat partai politik yang memiliki suara terbanyak pada Pileg 2024 berhak menempatkan kader terbaiknya untuk menjadi pimpinan DPRD.

Berdasarkan hasil Pileg 2024 lalu, Golkar menjadi partai dengan suara terbanyak yaitu 163.354 suara dengan 11 kursi, diikuti PKS sebanyak 131.075 suara dengan 9 kursi, PDIP sebanyak 106.611 suara dengan 7 kursi dan Partai Gerindra sebanyak 85.857 suara dengan 6 kursi.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter