TANGSELIFE.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menghapus jurusan IPA, IPS dan Bahasa pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Penghapusan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMA ini akan mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2024/2025.

Kepala Badan Standar Nasional Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek, Anindito Aditomo menyampaikan, penghapusan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMA merupakan implementasi Kurikulum Merdeka.

Alasan Penghapusan Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMA

Setidaknya sudah ada 50% satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022.

Dengan Kurikulum Merdeka, siswa-siswi SMA memiliki keleluasaan untuk menentukan mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

“Pada tahun ajaran 2024 saat ini, tingkat penerapan Kurikulum Merdeka sudah mencapai 90-95% untuk SD, SMP, dan SMA/SMK,” ujar Anindito melalui keterangan resmi, Kamis 18 Juli 2024.

“Pada kelas 11 dan 12 SMA, murid yang sekolahnya menggunakan Kurikulum Merdeka dapat memilih mata pelajaran secara lebih leluasa sesuai minat, bakat, kemampuan dan aspirasi studi lanjut atau kariernya,” terangnya.

Anindito mencontohkan, siswa yang berminat kuliah di program studi teknik dapat menggunakan jam pelajaran pilihan untuk memilih mata pelajaran matematika tingkat lanjut dan fisika, tanpa harus mengambil mata pelajaran biologi.

Sebaliknya, murid yang ingin berkuliah di kedokteran bisa menggunakan jam pelajaran pilihan untuk memilih mata pelajaran biologi dan kimia, tanpa harus mengambil matematika tingkat lanjut.

“Dengan demikian, murid bisa lebih fokus untuk membangun basis pengetahuan yang relevan untuk minat dan rencana studi lanjutnya,” jelas Anindito.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Reporter