TANGSELIFE.COM-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau calon jemaah haji asal Indonesia menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) selama di Tanah Suci.

Tujuannya agar terhindar dari penularan virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus atau MERS-CoV.

Virus MERS-CoV kini tengah mewabah di Timur Tengah. Virus ini merupakan turunan dari virus Corona yang dapat menyebabkan penyakit sistem pernapasan dan menimbulkan kematian.

“Walaupun MERS-CoV belum menjadi kegawatdaruratan kesehatan, tapi jemaah haji Indonesia harus tetap waspada,” terang Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam siaran persnya Jumat 12 Mei 2023.

Dia juga menjelaskan, MERS-CoV sampai saat ini belum ada vaksin spesifik untuk mencegah infeksi pada manusia.

Adapun cara penularan MERS-CoV melalui kontak langsung dengan penderita MERS-CoV melalui percikan dahak (droplet) saat pasien bersin.

“Karena itu, PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat masih efektif untuk mencegah penularan MERS-COV,” ujar Kunta lagi.

Karena itu, jemaah haji Indonesia diharapkan untuk rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau dengan disinfektan. 

Selain itu juga, jemaah haji Indonesia diminta memakai masker saat beraktivitas terutama di kerumunan. “Agar menutup hidung dan mulut bila bersin dan batuk,” paparnya juga.

Selanjutnya jika jemaah haji memiliki masalah kesehatan, kata Kunta lagi, segera berkonsultasi dengan petugas kesehatan.

“Kami berharap jemaah haji untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes), menjaga kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup,” paparnya juga.

Selain itu juga, para jemaah haji Indonesia agar selalu mengonsumsi makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. “Jika tubuh sehat maka ibadah haji pun lancar,” lanjutnya. 

Kunta juga meminta agar jemaah haji Indonesia sebelum berangkat ke Tanah Suci agar melengkapi vaksinasi COVID-19. 

Gejala Terpapar Virus MERS-CoV

1. Alami demam

2. Batuk dan bersin

3. Sesak napas

4. Tubuh terasa lemah

5. Alami diare dan muntah 

Tips Sehat Hindari Virus MERS-CoV

1. Selalu mengenakan masker

2. Rajin cuci tangan dengan sabun/handsanitizer

3. Kenakan payung menghindari panas

4. Mengkonsumsi makanan bergizi

5. Banyak makan buah serta sayuran 

6. Istirahat yang cukup

7. Perbanyak minum air putih

8. Kenakan sandal yang nyaman