TANGSELIFE.COM-Perhelatan MotoGP Prancis 2023 yang digelar di Sirkuit Bugatti, Le Mans bakal dimulai pada Jumat 12 Mei 2023. 

Ini merupakan seri kelima MotoGP 2023. Sebelumnya, sudah berlangsung empat seri perhelatan MotoGP 2023. 

Dalam empat balapan yang sudah digelar itu, pembalap Ducati Lenovo masih jadi pemuncak klasemen sementara MotoGP 2023.

Rider Ducati Lenovo, Francesco ”Pecco” Bagnaia sudah mengemas 87 poin hasil dari dua kali menang dan dua kali naik podium. 

Lalu, di belakangnya mengekor Marco Bezzecchi (Mooney VR46). Pembalap asal Italia itu sudah mengantongi 65 poin. 

Dalam empat balapan, Bezzecchi pun sudah merasakan satu kali jadi juara dan dua kali naik podium. 

Untuk diketahui, rangkaian acara MotoGP Prancis 2023 dibuka hari ini, Jumat 12 Mei 2023  ada sesi sesi latihan bebas 1 dan 2.

Sesi Latihan Bebas 1 akan dimulai sore nanti pukul 15.45-16.30 WIB. 

Setelah itu pada pukul 20.00-21.00 WIB, para rider MotoGP Prancis 2023 itu akan melanjutkan sesi Latihan Bebas 2.

Marc Marquez Kembali Mengaspal

Dikabarkan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez bakal kembali mengaspal di lintasan Sikruit Le Mans dalam MotoGP Prancis 2023 ini.

Sekadar informasi, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang di bagian jari kanannya saat mengalami kecelakaan di seri pertama MotoGP Portugal 2023. 

Sejak itu, dia absen dalam tiga balapan MotoGP 2023 berikutnya. Marquez absen pada MotoGP Argentina, MotoGP Amerika Serikat, dan MotoGP Spanyol.

Sedangkan pada MotGP Prancis 2023 ini, Marquez masuk dalam daftar pembalap yang akan turun di Sirkuit  Le Mans. 

Rider berusia 30 tahun itu dipastikan bakal melintasi Sirkuit Le Mans usai mengalami kesembuhan dari cidera tangannya. 

“Marc Marquez akan kembali membalap dengan Repsol Honda Team RC213V di Prancis,” tulis pernyataan resmi MotoGP, dikutip Jumat 12 Mei 2023.

Kepastian Marquez mengaspal lagi setelah tim Repsol Honda berkonsultasi dengan tiga tim medis terpisah.

“Semua yang terlibat dalam penyembuhan Marquez merasa puas. Karena itu, dia akan kembali ke jalurnya di Prancis,” tulis pernyataan resmi MotoGP juga. 

Pemilik enam gelar juara dunia MotoGP itu pun sudah bebas dari hukuman double long lap penalti. 

Hal itu makin membuat pencinta MotoGP makin yakin kalau Marc Marquez bakal kembali ke lintasan sore nanti di Sirkuit Bugatti, Le Mans 

Setelah dipastikan bisa ikut balapan berdasarkan hasil CT Scan, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, langsung mendapat banyak pekerjaan rumah.

Selain mengejar poin untuk timnya, juara dunia MotoGP enam kali itu akan menguji sasis baru buatan Kalex pada Honda pada MotoGP GP Prancis 2023 ini.

Marquez akan mencoba sasis baru Honda yang dirancang Kalex untuk pertama kalinya pada grand prix resmi selama sesi latihan Jumat 12 Mei 2023 ini.

Sejak akhir musim lalu, Honda telah bekerja sama dengan pabrikan sasis Jerman, Kalex dalam pengembangan motor yang pertama diwujudkan dalam bentuk lengan ayun.

Kolaborasi ini telah berkembang lebih jauh menjadi sasis lengkap yang pernah didebutkan pembalap penguji HRC (Honda Racing Corporation), Stefan Bradl.

Sasis motor Honda itu dites  pasca MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez awal bulan ini.

“Salah satu alasan mengapa balapan ini penting adalah untuk menguji berbagai hal,” kata Marquez seperti melansir Motorsport.

“Ini bukan perencanaan terbaik untuk (balapan) akhir pekan denga menguji berbagai hal guna mendapatkan hasil terbaik,” katanya juga. 

“Honda membutuhkan informasi dan tidak hanya saya yang akan mengujinya, tetapi juga pembalap Honda lainnya,” ucap pembalap berjulukan The Baby Alien itu.

Sasis baru mendapat ulasan positif dari Bradl pada tes Jerez meskipun pembalap Jerman itu tidak melakukan banyak putaran setelah menabrak saat menggunakan rangka baru.

Berikut Jadwal MotoGP Prancis 2023 Hari Ini:

Hari : Jumat, 12 Mei 2023

Latihan Bebas 1 : Jam 15.45 – 16.30 WIB 

Latihan Bebas 2 : Jam 20.00 – 21.00 WIB –