TANGSELIFE.COM-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak telah melakukan MoU untuk kerjasama dalam berbagai bidang, salah satunya pengelolaan sampah.

Dalam kerjasama pengelolaan sampah tersebut Pemkot Tangsel berharap dapat membuang sekitar 500 ton sampah sehari ke TPA Dengung yang berada di Kabupaten Lebak.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Julham Firdaus, berharap kerjasama tersebut dapat berjalan lancar sehingga menguntungkan kedua daerah.

“Pastinya ini Pemda Lebak dan Tangsel sudah lakukan komunikasi dan koordinasi, kami berharap pembuangan ini bisa berjalan baik,” kata Julham, kepada Tangselife.com, Selasa, 10 Oktober 2023.

Julham menekankan agar proses kerjasama antara Pemkot Tangsel dan Pemkab Lebak dikaji secara cermat.

Kajian tersebut, lanjutnya, harus mampu menghasilkan kesepakatan baik secara birokrasi ataupun teknis.

Ia tak ingin kerjasama pengelolaan sampah dengan Kabupaten Lebak mengalami masalah seperti saat Pemkot Tangsel menjalin kerjasama dengan Pemkot Serang.

“Kami sudah sampaikan dalam rapat komisi untuk melakukan kajian-kajian mengevaluasi kerjasama pembuangan sampah, karena ini menyangkut masalah yang sebelumnya sudah terjadi di TPA Cilowong agar tidak terjadi lagi di Lebak,” tegasnya.

“Karena ini menyangkut semua unsur yang ada di wilayah Lebak dan ini harus bisa mendapat masukan agar tidak ada semacam pemberhentian, pemblokiran atau penolakan seperti kerjasama sebelumnya,” pungkas Julham.

Diketahui sebelumnya Pemkot Tangsel menjalin kerjasama dengan Pemkot Serang untuk membuang sampah dari Tangsel ke TPAS Cilowong.

Namun kerjasama tersebut sempat mendapatkan penolakan dari warga yang berada di sekitar TPAS Cilowong karena terdampak akibat pengiriman sampah.

Warga disekitar TPAS Cilowong sendiri sempat melakukan pemblokiran akses masuk ke TPAS Cilowong dan meminta kerjasama pembuangan sampah dihentikan.

Kerjasama antara Pemkot Tangsel dan Pemkot Serang disepakati dalam durasi 3 tahun dan akan berakhir pada akhir tahun 2023 mendatang, kabarnya kerjasama antar kedua daerah tersebut dipastikan tidak akan diperpanjang. (Andre).

Sopiyan
Editor