TANGSELIFE.COM – Bantuan terhadap militan Hamas disebut dari banyak pihak, termasuk juga dari Presiden Korea Utara Kim Jong Un,  yang disebut-sebut membantu militan Hamas untuk melawan serangan militer Israel.

Bukti keterlibatan Korea Utara dalam perangan Hamas melawan Israel ini, diungkapkan oleh agen intelejen dari Korea Selatan.

Direktur Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) Kim Kyou Hyun mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Kim Jong Un, sebagi Presiden Korea Utara, diyakini telah menginstruksikan kepada jajaran militernya untuk mendukung Palestina.

Dikutip dari The Korea Herald, Korea Utara dapat terlibat dalam perdagangan senjata dengan kelompok militan.

Bahkan serangan Hamas pada ke Israel disebut juga ada campur tangan Kim Jong Un, karena telah berasil menembus pertahanan Israel.

Bukti lain juga disebut, karena pada serangan Hamas ke Israel menggunakan roket buatan Pyongyang, F-7.

“Seorang pejabat dari Kepala Staf Gabungan Korsel (JCF) mengatakan kepada wartawan bahwa jenis roket fragmentasi berdaya ledak tinggi yang digunakan dalam serangan 7 Oktober tampaknya diproduksi di Korut,” tulis Nikkei Asia.

“Namun pejabat tersebut tidak merinci apakah roket tersebut diberikan langsung oleh Korut atau melalui transaksi yang melibatkan negara lain,” tambahnya.

Nikkei Asia juga mengutip pejabat, jika peluru artileri yang ditemukan dekat perbatasan Israel merupakan milik Korea Utara.

Kim Jong Un Dukung Palestina

Korut diketahui memang mendukung Palestina. Penggunaan senjata asal Pyongyang oleh Hamas juga tak terlalu mengejutkan para analis.

Pasalnya Kim Jong Un punya sejarah panjang dalam memasok senjata ke Hamas dan Hizbullah, kelompok proksi Iran di Lebanon.

Perwakilan khusus untuk keterlibatan Suriah tahun 2018-2020, James Jeffrey menjelaskan Korut telah lama mengirimkan senjata serta pengetahuan teknis pada kekuatan radikal di Timur Tengah.

Sopiyan
Editor