TANGSELIFE.COM– Waspada! komplotan maling motor terus beraksi di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Ini Peringatan bagi masyarakat agar hati-hati terhadap kawanan pencuri motor yang terus gentayangan.

Aksi komplotan maling motor terbaru terjadi di Kampung Ciater 2, Jalan Masjid Barokah, Kelurahan Lengkong Karya, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel. 

Komplotan Maling Motor

Aksi kawanan pencuri motor yang dilakukan pada Sabtu, 17 Juni 2023 malam itu terekam kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV).

Kawanan pelaku pencurian motor itu beraksi di rumah Handoko. Akibat aksi para pelaku itu, satu motor matic berhasil diembat.

Dalam rekaman CCTV aksi pencurian itu terjadi pukul 19.26 WIB. Tampak dua pelaku mengintai sepeda motor yang terparkir di halaman rumah Handoko tersebut.

Melihat situasi aman, salah satu pelaku langsung masuk ke halaman rumah dan dengan hitungan detik sepeda motor Honda Beat Street hitam bernopol R 2961 IB digasak.

Salah satu putri Handoko sempat mengetahui aksi pencurian motor tersebut. Dia sempat berteriak sambil minta tolong.

Teriakan itu didengar warga sekitar. Beberapa warga yang juga tetangga Handoko sempat mengejar pelaku pencurian motor tersebut.

Tapi para pelaku pencurian motor itu menghilang dan tidak terkejar usai menggondol sepeda motor matic tersebut. 

Tips Hindari Pencurian Komplotan Maling Motor di Rumah

1. Kunci Stang Motor ke Kanan

Saat memarkirka motor di rumah lebih baik tetap di kunci stang. Lebih baik lagi bila mengunci posisi stang ke kanan menutupi kunci kontak motor agar sulit dibobol.

Biasanya karena merasa aman di rumah sendiri, motor jarang dikunci stang bahkan kunci motor kerap dibiarkan menempel di stop kontak motor.

Kebiasan ini agar jangan diulangi bila tidak ingin motor kesayangan Anda raib dicuri.

2. Gunakan Fitur Keamanan Tambahan

Gunakan fitur keamanan tambahan, karena semua tingkat keamanan motor pasti punya peluang ditembus.

Tetaplah memasang kunci ganda pada area lain misalnya kunci piringan cakram, penggunaan alarm dan alat pengaman lainnya.

Karena dengan tambahan fitur keamanan, para pelaku akan berpikir dua kali beraksi karena membobol motor Anda akan memakan waktu lama.

3. Parkir Motor di Tempat Tersembunyi

Meski di rumah, jangan parkir motor sembarangan. Usahakan parkir motor di tempat tersembunyi yang tidak kelihatan dari luar pagar rumah.

Apalagi memarkir motor di luar pagar rumah di daerah padat penduduk, biasanya warga sekitar kurang menghiraukan yang ada di sekitar mereka.

4. Pasang Kamera Pengawas

Langkah selanjutnya, pasang CCTV di rumah untuk mengenali pelaku pencurian motor Anda saat diparkir di rumah.

Saat berada di dalam rumah Anda bisa memantau lewat monitor CCTV bila ada aksi orang tak dikenal di halaman dan luar rumah Anda.

Memang CCTV tidak menjamin motor Anda yang dicuri kembali tapi minimal bisa jadi bukti kepada polisi terkait ciri-ciri pelaku  pencurian tersebut.