TANGSELIFE.COMKereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus melakukan uji coba atau trial run.

Uji coba kereta cepat yang dilakukan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) itu dilakukan  jelang diresmikan pada 18 Agustus 2023 mendatang.

Hasilnya, uji coba yang dilakukan pada Jumat, 16 Juni 2023 menggunakan CIT atau Kereta Inspeksi itu kecepatan tembus 300 kilometer (km) per jam.

Kereta cepat
Suasana dalam kabin masinis KCJB saat uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan kecepatan 300 km/jam yang dilakukan pada Jumat, 16 Juni 2023.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan uji coba di puncak kecepatan tersebut untuk penyempurnaan prasarana.

Seperti jalur, kelistrikan, persinyalan, peningkatan faktor keselamatan, serta monitoring dan evaluasi untuk operasional kereta cepat tersebut.

“Pengujian hari ini berjalan sangat lancar meskipun cuaca sedang hujan deras di sepanjang jalur KCJB,” terangnya, Sabtu, 17 Juni 2023, sore.

Dia juga mengatakan Kereta Inspeksi KCJB mampu menembus kecepatan hingga 300 kpj dengan sangat stabil.

“Secara bertahap puncak kecepatan kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan terus kami tambah,” katanya juga dalam keterangan resminya.

Emir juga mengatakan keberhasilan pengujian pada 300 km/jam dengan aman dan lancar ini menjadi suatu progres yang baik dalam tahapan persiapan pengoperasian KCJB.

Dia juga mengatakan pengujian akan terus dilakukan dengan hati-hati, di mana secara bertahap laju KCJB akan ditingkatkan.

“Uji coba akan terus dilakukan sampai puncak kecepatan operasionalnya di 350 kpj hingga puncak kecepatan teknisnya di 385 kpj,” paparnya.

Emir juga menambahkan, sebagai moda transportasi publik, KCJB dipastikan akan menerapkan standar keselamatan yang tinggi.

Itu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada seluruh calon penumpang yang akan menaiki kereta cepat tersebut.

Uji Coba Kereta Cepat untuk Dapat Sertifikasi Kelaikan Kemenhub

Saat ini, KCIC bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mempersiapkan sertifikasi untuk kereta cepat tersebut.

Sertifikasi itu dilakukan sebagai tanda KCJB dioperasikan dengan aman dan sesuai regulasi yang ditetapkan di Tanah Air.

Dalam pengamanan kereta, KCIC juga telah bekerjasama dengan TNI Polri untuk menjaga berbagai titik-titik yang rawan gangguan.

“KCIC bersama seluruh stakeholder juga terus fokus melakukan pengujian untuk menghadirkan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara ini,” cetusnya.

Untuk diketahui, uji coba KCJB kecepatan 300 km/jam itu diikuti oleh Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Lalu, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenkomarves Septian Hario Seto, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal.

Serta Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan sejumlah pejabat terkait lainnya.