TANGSELIFE.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Tangsel (Tangerang Selatan) berhasil menyabet penghargaan dari KONI pusat.

Penghargaan itu diberikan dalam acara rapat kerja nasional KONI tahun 2024 yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 2-4 Juli.

Penghargaan itu diraih KONI Tangsel lantaran menjadi satu-satunya wilayah untuk tingkat kabupaten atau kota yang menyelenggarakan multievent olahraga dengan terintegrasi ke sistem milik KONI pusat.

Ketua KONI Tangsel, Hamka Handaru mengatakan, multievent olahraga yang dimaksud yaitu saat pihaknya menyelenggarakan kegiatan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Tangsel 2023 lalu.

“KONI Tangsel menjadi satu-satunya kabupaten kota se Indonesia yang menyelenggarakan Pekan Olahraga Kota yang sudah menggunakan sistem data olahraga yang terintegrasi ke KONI Pusat,” kata Hamka ketika dihubungi Tangselife.com, Jumat, 5 Juli 2024.

KONI Tangsel Raih Penghargaan Dari KONI Pusat

Hamka sendiri mengaku bangga dengan diraihnya penghargaan tersebut.

Pasalnya, lanjut Hamka, saat ini hanya terdapat tiga wilayah di Indonesia yang menggunakan sistem pendataan tersebut.

Dari ketiga wilayah itu, dua di antaranya merupakan tingkat Provinsi sementara Tangsel menjadi satu-satunya wilayah tingkat kota yang menggunakan sistem tersebut.

Hamka mengungkapkan, terdapat beberapa manfaat yang dirasakan dari terintegrasinya data atlet di sistem milik KONI pusat, salah satunya memudahkan untuk sistem monitoring atlet.

“Manfaatnya terintegrasi data-datanya jadi sistemnya terpadu untuk mengetahui dan memanage daftar atlet yang ada di seluruh Indonesia,” terangnya.

“Nilai dan penghargaan prestasi yang diraih oleh atlet tersebut juga nantinya akan tercatat di sistem tersebut, sehingga akan memudahkan pendataan atlet,” tambahnya.

Hamka menyebut saat ini sekira 3.000 atlet asal Kota Tangsel telah tercatat di sistem pendataan atlet milik KONI pusat.

“Jumlah atlet asal Tangsel yang tercatat di KONI pusat ada kurang lebih 3.000 dari 20 cabang olahraga,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter