TANGSELIFE.COM – Gempa di Jepang kembali terjadi Selasa, 9 Januari 2024. Gempa berkekuatan 6.0 magnitudo membuat guncangan hebat.

Guncangan hebat yang terjadi akibat gempa di Jepang memakan banyak korban jiwa.

Dari data Badan Meteorologi Jepang menyebutkan, bahwa gempa di Jepang terjadi di pantai lepas Laut Jepang. Gempa ini mengguncang area yang sama ketika gempa pada 1 Januari 2024.

Akibat guncangan gempa di Jepang saat awal tahun itu, ratusan orang tewas dan ratusan pula yang belum ditemukan.

Gempa susulan masih kerap terjadi. Update data korban gempa di Jepang hingga saat ini berdasarkan data Ishikawa mencatat korban jiwa mencapai 202 orang. Jumlah itu berangsur naik, sebelumnya mencapai 180 orang tewas.

Selain menewaskan ratusan warga Jepang, gempa di Jepang pada awal 2024 dengan kekuatan 7.6 magnitudo itu juga meluluhlantahkan bangunan hunian milik warga Jepang.

Pihak berwenang di Jepang bahkan menyebutkan, masih ada ribuan orang yang terjebak di area terdampak parah akibat gempa.

“Tim penyelamat masih berjuang membersihkan reruntuhan dan menjangkau 3.500 orang yang masih terjebak akibat gempa,” ungkapnya.

Diketahui, ada ribuan gempa susulan yang terjadi di wilayah paling parah gempa di Jepang. Tercatat ada 1.200 gempa susulan sejak gempa di Jepang terjadi.

Jumlah korban hilang akibat gempa di Jepang itu tercatat hingga jutaan orang seiring dengan bencana yang melanda wilayah Wajima.

Kondisi salju pun menjadi penghambat tersendiri untuk proses penyelamatan, evakuasi dan penyaluran bantuan kepada korban gempa.

Ada sekira 30.000 orang yang tinggal di 400 pengungsian yang disiapkan Pemerintah Jepang. Sedangkan 60.000 warga Jepang lainnya kesulitan mendapatkan air bersih.

Intan
Editor
Intan
Reporter