TANGSELIFE.COM – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau pengendara sepeda motor agar tak mengenakan jas hujan ponco saat berkendara di bawah guyuran hujan.

Sebagaimana diketahui bahwa jas hujan merupakan barang wajib yang dimiliki pengendara sepeda motor selama musim hujan.

Oleh karena itu, sebaiknya pengendara sepeda motor menyiapkan jas hujan di dalam jok bagasi guna mengantisipasi perubahan cuaca di awal musim hujan ini.

Namun perlu diingat, para pengendara sepeda motor perlu memperhatikan jenis jas hujan yang kelak akan dipakai ketika turun hujan saat berkendara.

Sesuai dengan imbauan khusus dari Korlantas Polri, hindari mengenakan jas hujan ponco karena berpotensi membahayakan pengendara.

Korlantas Polri Imbau Pengendara Sepeda Motor Hindari Jas Hujan Ponco Saat Hujan

Korlantas Polri mengimbau pengendara motor agar betul-betul memperhatikan jenis jas hujan yang digunakan.

Pihak kepolisian menyarankan pengendara sepeda motor menghindari mengenakan jenis jas hujan ponco.

Jas hujan ponco merupakan jas hujan dengan model serupa jubah panjang dan tidak memiliki bagian celana.

Kasubdit Jemen Opsrek Ditkamsel Korlantas Polri, Kombes Pol Indra Jafar menjelaskan, jas hujan ponco memiliki risiko vital ketika digunakan.

Pasalnya alih-alih melindungi badan dari air hujan, jas hujan model ponco justru dapat mengancam keselamatan jiwa pengendara.

Potensi kecelakaan yang disebabkan penggunaan ponco disampaikan Kombes Pol Indra Jafar saat memberikan pelatihan Safety Riding di ISDC, belum lama ini.

“Korlantas Polri sudah mencatat, telah terjadi beberapa kasus kecelakaan yang menyebabkan kematian akibat jas hujan ponco,” ucap Indra.

Dijelaskan Indra, bentuk ponco yang menjulur dapat terjerat oleh roda motor, sehingga pengendara bisa terpelanting mendadak dengan benturan yang cukup keras.

“Kalau sudah terjerat pasti jatuh. Jadi ke depannya, mulai musim hujan ini ya, jangan pakai jas hujan model ponco lagi. Gantilah dengan model setelan, ini lebih safety,” tandasnya.

jas hujan setelan
contoh jas hujan setelan untuk berkendara dengan sepeda motor

Selama ini, tak dapat ditampik bahwa jas hujan jubah atau ponco merupakan model terpopuler dan banyak digunakan pengendara sepeda motor.

Salah satu alasannya karena harga jas hujan jubah itu terbilang murah dan gampang ditemukan.

Lebih lanjut, Korlantas Polri akan terus melakukan sosialisasi dalam upaya edukasi seputar keselamatan penggunaan jas hujan yang baik dan benar.

Salah satu upaya yang akan dilakukan yakni membagikan jas hujan setelan gratis selama masa operasi khusus.

“Kami kan sering lakukan ini juga. Waktu musim hujan nanti, akan kami perbanyak juga (jas hujan gratis),” ucap Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen Pol Ery Nursatari.