TANGSELIFE.COMKrisis air bersih, warga Kota Tangerang Selatan akan mendapatkan pasokan air minum dari Kabupaten Tangerang, Banten.

Pasokan air bersih dari Kabupaten Tangerang ke Kota Tangsel merupakan hasil kerja sama operasional penyelenggaraan penyediaan air minum di kedua wilayah.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, berharap kerja sama penyediaan air minum ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Tangsel secara maksimal.

“(Dengan kerja sama) cakupan sambungan antar rumahnya makin maksimal dan masyarakat tentu akan terlayani,” ujar Benyamin, Selasa 19 September 2023.

Kerja Sama Penyediaan Air Minum Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel

Kerja sama pasokan air minum dilakukan melalui masing-masing Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yakni PERUMDAM TKR (Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja) Kabupaten Tangerang dengan PT PITS (Perusahaan Perseroan Daerah Pembangunan Investasi) Tangerang Selatan.

Saat ini, Benyamin menyebut sebagian wilayah Kota Tangsel masih mengalami krisis air bersih dan kesulitan mendapatkan pasokan air minum.

“(Pasokan air) masih kecil kita belum semua daerah tertangani, mungkin baru 10-11 persen,” kata Benyamin.

Adapun Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengamini bahwa perkembangan dan pembangunan di daerahnya dan Kota Tangsel sangat pesat.

Karena itu, pasokan air minum berdampak besar lantaran merupakan kebutuhan mendasar masyarakat.

Kerja sama penyediaan air minum Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel akan didampingi Kejaksaan Tinggi Banten.

“Kita memberikan pendampingan legalnya, agar tidak ada masalah dengan hukum di kemudian hari,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Didik Farkhan

“Ke depan yang pasti harapan kita penyediaan air akan lebih cukup juga, karena kebutuhan air itu adalah yang sangat fundamental untuk manusia,” lanjutnya.

Krisis Air Bersih di Kampung Koceak Kota Tangsel

Satbinmas Polres Tangsel dan Bimas Kelurahan Keranggan mengunjungi Kampung Koceak Keranggan, Kecamatan Setu, Selasa 18 September 2023.

Satbinmas Polres Tangsel bermadus melakukan pengecekan terhadap warga Kampung Koceak Keranggan yang terindikasi krisis air bersih.

Menurut warga, salah satu pemicu krisis air bersih di wilayahnya akibat sumber air sumur yang terlalu dangkal.

Pihak Kelurahan Keranggan pun bekerja sama dengan BPBD Tangsel untuk penyaluran air bersih pada warga yang membutuhkan.

pengecekan satbinmas polres tangsel ke kampung koceak
pengecekan satbinmas polres tangsel ke kampung koceak

Satbinmas Tangsel juga memberikan penyuluhan terkait bahaya asap dari membakar sampah yang jadi pemicu penyakit pernapasan.

Disamping itu, kegiatan kunjungan yang dilakukan bertujuan menciptakan lingkungan yang aman, harmonis, dan saling dukung antara kepolisian dan masyarakat setempat.