TANGSELIFE.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.022.237 pemilih untuk kontestasi politik pada tahun 2024.

Penetapan DPT tersebut telah dilakukan KPU Kota Tangsel sejak bulan Juni 2023 lalu.

DPT tersebut terbagi dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 501.755 dan pemilih perempuan sebanyak 520.482.

Jumlah DPT untuk kontestasi politik tahun 2024 mengalami penambahan jika dibandingan dengan DPT pada tahun 2020 yang hanya sebanyak 976.019 pemilih.

Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Tangsel Widya Victoria mengatakan, meski DPT telah ditetapkan namun angka itu masih dinamis hingga H-7 pelaksanaan pemilihan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Widya menjelaskan, dalam pemutakhiran data kali ini didapati juga adanya pemilih pemula yang tercatat hingga 103.596 pemilih.

“103.596 pemilih pemula yang baru akan menyuarakan suaranya di 14 Februari besok,” kata Widya, saat dihubungi Tangselife.com, Rabu, 1 November 2023.

Pemilih pemula merupakan warga yang telah memenuhi persyaratan dan baru pertama kali melakukan pemungutan suara pada kontestasi politik tahun 2024.

Tak hanya yang telah genap berusia 17 tahun pada tanggal 14 Februari 2023, pemilih pemula juga termasuk warga yang belum berusia 17 tahun namun udah menikah dan tercatat di data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Tidak hanya mereka yang 17 tahun tapi kalau mereka sudah menikah walau belum 17 tahun sudah bisa memilih,” tutur Widya.

Dihubungi terpisah, Komisioner KPU Tangsel Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, Heni Lestari, menyebut pihaknya saat ini terus menggencarkan sosialisasi kepada para pemilih pemula agar mau menyuarakan hak suaranya.

Dikatakan Heni, sosialisasi yang menyasar pemilih pemula dilakukan di sekolah tingkat SMA dan SMK yang ada di Kota Tangsel.

“Di bantu juga teman-teman adhoc tingkatan PPK dan PPS yang di wilayahnya ada sekolah SMA atau SMK mereka juga turut melaksanakan sosialisasi  pemilu. Agar tingkat partisipasi meningkat untuk pemilu 2024,” jelas Heni.

“Kami juga dipantau oleh KPU RI untuk seluruh kegiatan sosialisasi  menggunakan aplikasi ‘Siparmas’ jadi jelas terarah terukur target sasarannya,” pungkasnya. (Andre)

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter