TANGSELIFE.COM – Proses Pencocokan dan Penelitian (coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) KPU Tangsel dipastikan telah mencapai 100 persen.

Daftar calon pemilih yang akan di coklit oleh petugas pantarlih untuk Pilkada tahun 2024 sendiri mencapai 1.052.963 pemilih.

Komisioner KPU Tangsel Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Widya Victoria mengatakan, proses coklit dinyatakan selesai pada Minggu malam (21/7).

“Yang sudah tercoklit di lapangan dan proses sinkronisasi di aplikasi e-coklit butuh waktu semuanya hingga dinyatakan selesai 100 persen kurang lebih pukul 23.00 WIB,” kata Widya ketika dihubungi, Senin, 22 Juli 2024.

Proses coklit dinyatakan lengkap 100 persen setelah petugas Pantarlih di wilayah Kecamatan Pondok Aren menyelesaikan pencocokan data.

Proses Coklit Sudah 100 Persen, KPU Tangsel Kini Lakukan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS)

Widya menyebut, selanjutnya KPU Tangerang Selatan akan melakukan pencermatan dan pelengkapan data terhadap data calon pemilih.

Selanjutnya, KPU Tangsel akan menggelar Rapat Pleno rekapitulasi sebelum melalukan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Setelah itu dilakukan pengumuman pada 18 sampai 27 Agustus, masyarakat silahkan mengecek apakah namanya masuk dalam daftar pemilih atau tidak,” tuturnya.

Widya menerangkan, bagi masyarakat yang namanya tidak terdaftar dalam daftar pemilih sementara dapat melakukan pengaduan di kantor kelurahan sesuai domisili.

“Silahkan melapor ke KPU, karena di setiap kelurahan nanti kita akan buka help desk, untuk tanggapan dan masukan dari masyarakat salah satunya apakah ada namanya terdaftar atau tidak di daftar pemilih,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter