TANGSELIFE.COM – Warga Tangsel lagi heboh soal diduga dukun santet di Ciputat berinisial H (67). Pria lansia itu diamankan polisi usai digerebek oleh warga akibat aktivitas spiritualnya.

Warga diduga dukun santet di Ciputat itu tinggal di sebuah rumah di jalan Haji Hasan, Kelurahan Sawah Lama, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Salah seorang warga, Aat (50) mengatakan, kejadian itu terungkap saat terduga dukun santet di Ciputat terlibat keributan dengan mantan istri pertamanya.

Disinyalir karena kesal dengan kelakuan suaminya, akhirnya istri terduga dukun santet mengungkapkan aktivitas suaminya selama ini kepada warga.

Warga, sebetulnya sudah curiga sejak lama soal dugaan dukun santet di Ciputat itu. Akhirnya musyawarah dan memutuskan untuk mendatangi kediaman terduga dukun santet tersebut.

“Bermula saat keributan keluarga antara mantan istrinya yang tidak suka dengan kelakukan suaminya sehingga ada ungkapan persoalannya di masyarakat,” kata Aat, di dekat kediaman terduga dukun santet, Senin, 4 Maret 2024.

Saat mendatangi kediaman H, warga menemukan puluhan foto dengan kondisi tercoret merah dan tertusuk jarum.

“Semua mungkin ada sekitar 20 sampai 30 foto yang saat ini dijadikan bukti di kepolisian. Kondisi foto-foto itu ada yang tertusuk jarum, ada yang ditusuk-tusuk bagian matanya, macam-macam,” ungkapnya.

Aat menyebut, warga sekitar sendiri telah menaruh curiga terhadap H sejak lama. Dengan adanya peristiwa tersebut Aat mengaku semakin meyakini adanya praktik tersebut.

Pasalnya, lanjut Aat, terdapat beberapa foto warga dikediaman terduga dukun yang sebelumnya mengalami sakit bahkan meninggal.

“Ada yang meninggal dan sakit. Sebenarnya ada keluarga juga yang dia sendiri merasakan itu, meski santet itu susah diungkapin, tapi ada juga orang yang mengatakan bahwa foto dia ada di tusuk-tusuk dan dia merasakan itu,” ujarnya.

Ketika ditemui oleh warga sekitar, terduga dukun mengaku melakukan aktivitas tersebut untuk melalukan pembersihan.

Aat menuturkan, terduga dukun sendiri dikenal oleh warga sekitar sebagai orang yang dianggap sebagai tokoh masyarakat.

“Ditanyakan ke yang bersangkutan dan yang bersangkutan mengakui perbuatannya sendiri. Kalau berdasarkan pertanyaan yang diberikan masyarakat dia mengaku katanya itu buat ngademin tapi kan adem itu pengertiannya seperti apa,” ujarnya.

Saat ini terduga dukun santet telah diamankan Polsek Ciputat Timur untuk dimintai keterangan.

Wivyh
Editor
Andre Pradana
Reporter