TANGSELIFE.COM– Kronologis truk tangki BBM Pertamina terbakar di Tol Tangerang-Merak di KM 56, Minggu, 28 Mei 2023 dinihari.

Truk tangki BBM milik PT Pertamina yang bermuatan puluhan ribu liter BBM jenis solar terbakar di Jalan Tol Tangerang-Merak.

Peristiwa itu tepatnya terjadi di KM 56, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Minggu, 28 Mei 2023 sekitar pukul 03.30 WIB.

Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kebakaran truk bernomor polisi E 9138 YB yang sempat memacetakan arus lalu lintas tersebut.

Pasalnya, tujuh mobil pemadam kebakaran harus dikerahkan hingga api berhasil dijinakan sekitar 3 jam kemudian.

Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran truk tangki pembawa BBM dari Cilegon ke Balaraja tersebut.

“Kebakaran truk tangki BBM itu sekitar pukul 03.30 WIB dan api baru bisa dipadamkan sekitar 3 jam kemudian,” terang Kepala PJR Korlantas Polri Induk Ciujung Kompol Wiratno.

Dia memaparkan kalau truk yang dibawa pengemudi bernama Ridwan (45) itu melaju dari arah Cilegon dengan tujuan Balaraja.

“Berdasarkan ketengan sopir truk tangki, saat tiba di lokasi tiba-tiba ada api di bagian belakang truk,” ujar Wiratno juga.

Melihat bagian belakang truk dilalap api, Ridwan yang tinggal di Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon itu, lantas menghentikan laju truknya tersebut.

Ridwan lalu menepikan truk tangki yang dikobari api itu  ke bahu jalan bebas hambatan tersebut. Sang sopir lantas berusaha memadamkan api dengan APAR atau alat pemadam api ringan.

Tapi bukannya padam, api terus membesar. Akibatnya, Ridwan menjauhkan diri dari lokasi truk tangki yang terbakar tersebut.

Ridwan lantas menghubungi kantornya dan mengontak kepolisian setempat dan juga petugas pengelola Tol Tangerang-Merak.

Tidak lama kemudian datang petugas kepolisian PJR Bitung dan sejumlah mobil pemadam kebakaran yang langsung mencoba memadamkan api.

Ada tujuh mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Serang dan Pemkab Serang yang datang ke lokasi guna memadamkan api.

Tapi karena yang dibawa truk tangki itu adalah solar, maka pemadaman membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam.

Terdengar Ledakan saat Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar

“Sopir truk tangki itu juga mengaku mendengar beberapa kali ledakan hingga api membumbung tinggi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” papar Wiratno juga.

Akibat kebakaran itu, membuat kendaraan yang melintas dari arah Merak ke Tangerang tidak berani melintas karena saking besarnya api.

Akhirnya, kepolisian bersama petugas PT Astra Infra Toll Tangerang-Merak melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengeluarkan kendaraan dari arah Tangerang melalui Gerbang Tol Cikande.

“Sedangkan kendaraan dari arah Merak diarahkan keluar di Gerbang Tol Ciujung dan masuk kembali di Gerbang Tol Cikande,” papar Wiratno lagi.

Setelah api berhasil dipadamkan, truk tangki milik Pertamina tersebut telah dievakuasi dari lokasi kejadian dan dibawa ke Markas PJR Ciujung.

“Kasus kebakaran truk tangki Pertamian itu tengah diselidiki oleh Satreskrim Polres Serang dibantu Satlantas Polres Serang,” tandas Wiratno juga.