TANGSELIFE.COM – Nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto, jadi calon kuat yang akan menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, yang akan pensiun akhir November 2023.

Sebagai KSAD, Nama Agus Subiyanto tersebut bahkan sudah masuk ke DPR RI sebagai calon tunggal yang diusulkan oleh Presiden Jokowo Widodo untuk menjabat sebagai Panglima TNI selanjutnya.

“Iya betul, (nama KSAD Jendral Agus Subiyanto diusulkan presiden),” ujar Anggota Komisi I DPR RI Tb Hasanuddin, Selasa, 31 Oktober 2023.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, masih belum ingin menyebutkan nama Jendral Agus Subiyanto secara resmi sebagai nama yang diusulkan.

“Kalau untuk nama, nanti saja Ibu Ketua DPR RI yang menyampaikan langsung, tetapi ini calon Tunggal, karena memang seperti itu, Presiden mengirim nama calon Tunggal,” katanya.

Meutya Hafid, juga mengatakan, bahwa Komisi I DPR RI akan melangsungkan rapat internal untuk membahas jadwal fit and proper test kepada nama yang diusulkan sebagai calon Panglima TNI.

Jendral Agus Subiyanto Baru Seminggu Jadi KSAD

Nama Jendral Agus Subiyanto baru saja dilantik menjadi KSAD pada Minggu, 27 Oktober 2023, dan kini Namanya disebut sebagai calon Tunggal untuk menjadi Panglima TNI.

Jika benar Agus yang nantinya akan dilantik secara resmi menjadi Panglima TYNI, maka Agus salah satu KSAD yang menjabat tidak lebih dari satu bulan.

Selain Agus, ada dua nama lainnya yang disebut juga memiliki peluang untuk menjadi Panglima TNI.

Yaitu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Undang-undang TNI mengatur perwira tinggi yang diusulkan sebagai calon Panglima TNI oleh presiden ialah para perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

Sopiyan
Editor