TANGSELIFE.COM– Menjelang acara KTT ASEAN 2023 di Jakarta yang akan dimulai tanggal 5-7 September 2023, sejumlah pembatasan dan penutupan di beberapa titik lokasi pun akan dilakukan

Salah satunya adalah kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang akan tutup sementara untuk umum pada 5-6 September 2023.

Pasalnya, TMII akan dijadikan tempat untuk pertemuan ibu negara delegasi KTT ke-43 ASEAN 2023.

Terkait penutupan kawasan TMII untuk pengujung pada tanggal 5-6 September 2023 sudah dikonfirmasi langsung oleh Humas TMII Novera Mayang Sari.

“TMII tutup untuk masyrakat umum sementara karena digunakan untuk pertemuan delegasi ibu negara KTT ASEAN,” ujar Novera.

Acara pertemuan ibu negara KTT ASEAN 2023 di TMII sepenuhnya akan diatur oleh penyelenggara atau event organizer (EO).

Menurut Novera pihaknya hanya bertugas untuk memastikan area yang akan dilalui tamu negara tersebut sudah bersiih dan rapih.

Tidak ada campur tangan petugas TMII dalam acara ini, untuk pengamanan juga akan dikendaliakan langsung oleh pengamanan presiden (paspamres).

Pada hari ini, 4 September 2023 berlangsung acara galdi kotor, kemudian dilanjutkan pada hari Selasa, 5 September 2023 akan dilakukan galdi bersih oleh EO dan paspamres.

Barulah di hari Rabu, 6 September 20023 sekitar pukul 09.00 WIB berlangsung pertemuan di Panggung Budaya Bhinneka Tunggal Ika, dilanjutkan menuju acara makan siang di Gedung Sasono Utomo.

Tak hanya TMII sejumlah kawasan juga ditutup selama pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN berlangsung di Jakarta.

Lantas, di mana saja lokasi yang terdampak dari adanya acara Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 ini?

Sejumlah Kawasan di Jakarta Ditutup Selama KTT ASEAN 2023 Berlangsung.

Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan menjadi salah satu tempat berlangsungnya acara KTT ASEAN 2023 selain, Istana Negara, Holten Sultan, Hotel St Regis, Kantor Sekretariat ASEAN, JCC, dan Plataran GBK.

Penutupan sementara kawasan GBK akan berlangsung pada tanggal 5-7 September 2023.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau masyarakat untuk mecari lokasi alternatif lain untuk olahraga selama periode tersebut.

Area Parkir Selatan GBK sudah mulai di tutup sejak 24 Agustus sampai 10 September 2023

Selain itu, area Hutan Kota GBK juga ditutup untuk umum, sebab pada hari Rabu, 6 September 2023 akan berlangsung jamuan makan malam untuk seluruh delegasi KTT ASEAN 2023.

Mulai besok, Selasa 5 September 2023akan dilakukan pembatasan angkutan truk di beberapa ruas jalan tol selamat KTT ke-43 ASEAN.

Pembatasan ini mulai pukul 00.00 WIB sampai hari Kamis, 7 September 2023 pukul 23.49 WIB di ruas tol Cawang-Tomang-Pluit, Tomang-Pluit, Kembangan-Tomang, dan Pluit-Kamal Muara.

Aturan pembatasan operasional mobil angkutan truk akan dinyatakan dengan rambu lalu lintas yang terpasang di bidang jalan tol, serta akan ada petugas yang mengatur lalu lintas.

Namun, ada pengecualian untuk angkutan truk dengan muatan bahan bakar minyak dan gas, hewan ternak, hantaran pos dan uang, serta bahan pokok diperbolehkan untuk tetap melintas.

Pemberlakuan sistem buka tutup jalan juga diberlakukan di sekitar hotel dan tempat berlangsungnya KTT ke-43 ASEAN.

Rencana penutupan jalan ini akan dilakukan oleh Pemprov DKI bersama dengan Polda Metro Jaya sifatnya situasional dengan waktu kapan para delegasi melintas dari hotel menuju venue dan sebaliknya.