TANGSELIFE.COM– PT Jasa Marga mencatat terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang keluar Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek) melalui tol saat libur panjang akhir pekan ini.

Volume kendaraan yang keluar jalan tol pada H-1 libur panjang Hari Lahir Pancasila dan cuti bersama Hari Raya Waisak sepanjang Rabu, 31 Mei 2023 itu mencapai 168.375 kendaraan.

Jumlah kendaraan yang keluar tol di Jabodetabek itu merupakan akumulasi lalu lintas di empat titik gerbang tol (GT) yang dikelola PT Jasa Marga.

Jasa Marga
Informasi untuk masyarakat yang mengalami kendala saat melintasi jalan tol.

Empat gerbang tol tersebut adalah GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Tol Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

“Volume lalu lintas  yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 27,5 persen dibandingkan waktu normal,” terang Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Oktaviana, Kamis, 1 Juni 2023.

Dia juga menambahkan, distribusi lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek terbanyak sebesar 44,7 persen menuju arah Timur atau Trans Jawa dan Bandung sebesar 75.277 kendaraan. 

Selanjutnya, 54.755 kendaraan atau 32,5 persen menuju arah Barat atau Merak, Provinsi Banten dan sisanya sebanyak 38.343 kendaraan atau 22,8 persen menuju arah Selatan atau kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

Ini Imbauan Jasa Marga untuk Pengendara sebelum Melintasi Tol

Selain itu, ujar Lisye juga, PT Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan bebas hambatan tersebut.

“Jadi sebelum memasuki gerbang tol, pastikan pengendara dan kendaraan dalam kondisi prima. Termasuk kecukupan BBM dan saldo uang elektronik untuk membayar tol,” kata Liste juga.

Selain itu, Lisye juga meminta pengendara yang melintasi tol saat libur panjang ini agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas yang berjaga di lapangan.

Lisye juga mengatakan untuk informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan bila terjadi masalah di jalan tol, masyarakat bisa mengakses One Call Center 24 Jam  PT Jasa Marga di nomor 14080.

“Bisa juga masyarakat memantau Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android,” cetusnya juga. 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu