TANGSELIFE.COM – Link pendaftaran CPNS 2024 dan cara daftarnya perlu diketahui sejumlah calon pelamar sebelum mengikuti seleksi.

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya bahwa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK 2024 segera dibuka.

Pemerintah akan membuka sebanyak 2,3 juta formasi bagi para pelamar, di mana para fresh graduate SMA dan S1 bakal memiliki peluang lebih banyak.

“Rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat, 5 Januari 2024, dengan total formasi 2,3 juta,” ungkap dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Sebanyak 2,3 juta formasi dibuka bukan hanya untuk pelamar profesional yang berpengalaman, akan tetapi terbuka lebar untuk lulusan baru atau fresh graduate tamatan SMA atau S1.

Dari jumlah yang akan dibuka, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan kalau pelamar yang merupakan lulusan baru memiliki peluang yang sangat besar pada tahun 2024 ini.

Pasalnya, sebanyak 690.822 formasi akan ditujukan bagi mereka para lulusan baru.

Nantinya, para fresh graduate bisa memilih formasi di bidang kesehatan, teknis, guru, dan sebagainya.

“Tahun ini pemerintah memberikan alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi, baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya. Formasi CPNS yang dapat dilamar oleh fresh graduate sebesar 690.822 formasi,” jelas Anas.

Alasan Pemerintah Alokasi Banyak Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan Baru

Anas menjelaskan kalau alokasi untuk lulusan baru merupakan komitmen negara untuk memberikan peluang kepada talenta-talenta muda terbaik untuk mendarmabaktikan pikiran dan tenaganya kepada bangsa.

Pemerintah juga memberikan banyak formasi untuk talenta digital agar mereka dapat mendorong birokrasi dan pelayanan publik berjalan lebih efektif melayani serta efisien.

Perekrutan CPNS 2024 ini juga diharapkan akan didorong untuk memperkuat akuntabilitas kinerja pemerintah.

“Talenta-talenta baru selain agar berdampak dan mengakselerasi ekonomi nasional yang penting adalah agar akuntabilitas birokrasi ini semakin bagus,” kata Anas.

Daftar Lengkap Formasi CPNS 2024

Sebanyak 690.822 formasi untuk lulusan baru akan disebar ke seluruh Indonesia dan juga dibagi menjadi dua kategori, yaitu CPNS dan PPPK. Berikut adalah rinciannya:

  • Formasi CPNS di pusat: 207.247
  • Formasi PPPK di pusat 221.936

Sementara untuk tingkat daerah, ada sebanyak 1,3 juta lebih formasi bagi pelamar dengan rincian sebagai berikut:

  • Formasi untuk CPNS Daerah: 483.575
  • Formasi untuk PPPK Daerah: 1.383.758

Selanjutnya, sebanyak 419.146 formasi PPPK di daerah akan dialokasikan untuk posisi guru dan sebanyak 417.196 formasi PPPK di daerah akan diberikan untuk sektor tenaga kesehatan.

Sisanya, sebanyak 547.416 formasi di daerah diperuntukkan mengisi posisi tenaga teknis.

Link Pendaftaran CPNS 2024 dan Cara Daftarnya

Setelah mengetahui jumlah formasi CPNS 2024 yang terbuka lebar untuk lulusan baru, kali ini calon pelamar perlu mengetahui informasi mengenai link pendaftaran CPNS 2024 dan cara daftarnya meskipun belum ada pengumuman resmi kapan pendaftaran Rekrutmen CPNS 2024 dibuka.

Berikut ini link pendaftaran CPNS 2024 dan cara daftarnya:

  1. Akses situs SSCASN melalui link sscasn.bkn.go.id
  2. Kemudian pilih opsi ‘Buat Akun’ sampai muncul tampilan ‘Langkah 1: Pengecekan Identitas’
  3. Input identitas pribadi yang berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir
  4. Masukkan nomor ponsel dan email yang aktif
  5. Masukkan kode CAPTCHA
  6. Klik ‘Lanjutkan’
  7. Muncul tampilan ‘Langkah 2: Lengkapi Data’, input Email, nama tanpa gelar (sesuai Ijazah), tempat lahir (sesuai KTP), Kab/Kota lahir (sesuai ijazah), dan tanggal lahir (sesuai ijazah)
  8. Pilih jenis kelamin
  9. Unggah foto scan KTP dan swafoto sesuai ketentuan yang berlaku
  10. Klik ‘Lanjutkan’
  11. Muncul tampilan ‘Langkah 3: Pengecekan Ulang Data’
  12. Pendaftar harus melakukan pengecekan ulang terkait data-data yang telah diinput untuk memastikan tak ada yang salah
  13. Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang sudah dimasukkan sesuai atau belum
  14. Jika sudah, cetak informasi akun
  15. Pilih menu ‘Cetak Informasi Pendaftaran’
  16. Setelah itu, lanjutkan dengan proses ‘Login Pendaftaran’

Demikian informasi mengenai link pendaftaran CPNS 2024 dan cara daftarnya yang bisa menjadi referensi bagi calon pelamar saat mendaftarkan diri. Semoga membantu.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife