TANGSELIFE.COM – Helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi kembali dari perbatasan Iran dan Azerbaijan, jatuh pada hari Minggu 19 Mei 2024.

Insiden terjadi ketika Ebrahim Raisi dalam perjalanan usai meresmikan proyek bendungan bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Helikopter yang jatuh dilaporkan turut membawa Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, serta sejumlah pejabat penting lain.

Saluran televisi pemerintah memberitakan setidaknya ada satu penumpang dan satu awak telah melakukan kontak dengan tim penyelamat.

Namun, kondisi Presiden Ebrahim Raisi dan pejabat penting lainnya dalam helikopter masih belum diketahui.

Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran

Menurut keterangan seorang pejabat Iran, helikopter jatuh saat melintasi daerah pegunungan yang berkabut tebal.

“Kami masih berharap, tetapi informasi yang didapat dari lokasi jatuhnya pesawat sangat memprihatinkan,” ujar pejabat tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Senin 20 Mei 2024.

Sementara itu, televisi pemerintah melaporkan bahwa helikopter yang membawa rombongan Presiden Iran tersebut dilaporkan jatuh di Kawasan Lindung Dizmar.

Helikopter disebut mengalami ‘pendaratan keras’ akibat cuaca buruk di langit kawasan Dizmar, yang merupakan koridor satwa liar perbatasan Iran dengan Azerbaijan.

Adapun dua dari tiga helikopter konvoi presiden Iran berhasil kembali dengan selamat ke Kota Tabriz.

Dua helikopter tersebut membawa di antaranya Menteri Energi Iran, Ali Akbar Mehrabian, serta Menteri Perumahan dan Transportasi Iran, Mehrdad Bazrpash.