TANGSELIFE.COM – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada malam pergantian tahun baru 2024.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel akan menyiagakan petugas pada malam pergantian tahun baru 2024.

“Kita ada Satgas yang berisi 20 anggota, namun yang piket berjaga pada malam tahun baru ada 7 anggota,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel, Fahrizal Gumay, Minggu, 31 Desember 2023.

Gumay mengungkapkan, para petugas akan siaga 24 jam dan siap dikerahkan ke lapangan jika terjadi bencana.

Para petugas tersebut berjaga saat tahun baru di 3 posko BPBD yang berada di Kecamatan Pamulang, Kecamatan Serpong dan Kecamatan Pondok Aren.

“Jadi jika ada laporan, anggota yang piket ini yang akan kami kerahkan. Jika kondisinya darurat, anggota yang totalnya 20 akan kita terjunkan untuk perbantuan,” ungkapnya.

Selain itu, Gumay mengaku telah menjalin komunikasi dengan Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang berada di masing-masing wilayah untuk siaga jika cuaca memburuk pada malam pergantian tahun.

Gumay meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menghindari tempat-tempat keramaian jika cuaca memburuk pada malam pergantian tahun.

“Masyarakat bisa langsung melaporkan kepada BPBD jika terjadi bencana di wilayah masing-masing,” pungkasnya.

tahun baru
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel, Fahrizal Gumay. Foto: Tangsleife/AndrePradana

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tangsel memprakirakan malam pergantian tahun baru 2024 akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Hujan diprediksi akan mulai turun  pada sore hingga malam hari.

Tak hanya itu, BMKG juga memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi pada hari Senin, 1 Januari 2024.

“Untuk tanggal 31 Desember 2023 diprakirakan terdapat potensi hujan disertai petir dan angin kencang di wilayah Tangerang Selatan. Begitu juga untuk tanggal 01 Januari 2024, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan-sedang,” kata Forecaster Balai Besar MKG Wilayah II, Septina Resha, ketika dihubungi, Selasa, 26 Desember 2023. (Andre)

Intan
Editor
Intan
Reporter