TANGSELIFE.COM– Aturan baru terkait jenis seragam sekolah untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Penetapan aturan seragam baru sekolah oleh Mendikbudristek ini berdasarkan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022.

Aturan baru seragam sekolah tersebut dibuat sebagai upaya untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan kedisiplinan peserta didik dan meningkatkan citra satuan pendidikan.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022, aturan baru seragam sekolah tersebut hanya berlaku untuk pendidikan formal tingkatan SD hingga SMA.

Lantas, apa saja isi dari peraturan jenis seragam sekolah terbaru yang ditetapkan oleh Nadiem Makarim? berikut ulasannya.

Jenis-jenis Seragam Sekolah yang Sesuai dengan Aturan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022

1. Jenis pakaian seragam nasional

Pakaian seragam nasional merupakan pakaian yang dipakai oleh peserta didik di sekolah dengan model dan warna yang sama, serta berlaku secara serentak atau nasional.

Jenis pakaian seragam nasional ini dikenakan oleh peserta didik paling sedikit setiap hari Senin ketika pelaksanaan upacara bendera dan hari Kamis.

2. Jenis seragam pramuka

Jenis serama sekolah pramuka yang dikenakan oleh peserta didik ini mengacu pada model dan warna pakaian yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Seragam pramuka digunakan oleh peserta didik sesuai dengan aturan yang ditetapkan masing-masing sekolah.

3. Jenis Seragam khas sekolah

Model dan warna pakaian untuk seragam khas sekolah dibuat dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan sesuai keyakinannya,

Untuk waktu pemakaian seragam khas sekolah ini sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

4. Jenis pakaian adat

Penggunaan pakaian adat hanya dikenakan peserta didik pada saat hari atau acara adat tertentu.