TANGSELIFE.COM- Smartphone bermerek Samtaesong 8 yang mirip produk Galaxy baru saja diluncurkan di Korea Utara (Korut).

Ponsel pintar yang mirip produk buatan Samsung asal pabrikan Korea Selatan (Korsel) itu diperkenalkan dalam siaran stasiun TV Korea Utara.

Samtaesong 8 diperkenalkan oleh televisi Korean Central Television (KCTV) pada Sabtu, 15 Juli 2023.

Samtaesong 8
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terlihat memiliki ponsel lipat yang menyerupai Samsung Galaxy Z Flip saat melihat peluncuran rudal balistik antarbenua Hwasong-18.

Sesuai kamus Korea Utara, Samtaesong merujuk pada tiga bintang terang para pendiri Korea Utara yakni Kim Il-sung, istrinya Kim Jong-suk, dan putranya Kim Jong-il.

Samtaesong 8 selain mirip dengan Galaxy buatan Samsung tapi juga terlihat mirip dengan smartphone Huawei buatan China (Tiongkok).

Salah satu ciri khas kemiripan Samtaesong 8 dengan Galaxy dan Huwei adanya kamera ganda di bagian belakang smartphone itu dan satu di depan.

Hingga kini belum bisa dipastikan apakah smartphone bermerek Samtaesong 8 itu diproduksi di Korea Utara atau diimpor dari Tiongkok.

Sebelum Samtaesong 8, sejumlah telepon pintar atau smartphone lainnya sudah dijual di Korea Utara seperti Arirang dan Pyongyang Touch.

Untuk diketahui, Smartphone Samtaesong 8 diluncurkan di Korea Utara tapi tidak memiliki akses internet bebas untuk warganya seperti di negara lain.

Tapi di Korea Utara, penduduknya hanya bisa mengakses intranet yang dibuat khusus untuk negara itu dan dapat diakses menggunakan kartu SIM.

Sebelum peluncuran Samtaesong 8, Korea Utara dikenal sebagai negara yang tertutup dan dipastikan perkembangan teknologi di negara itu juga tidak semaju negara lain.

Tapi laporan lembaga nirlaba Stimson Center menyebut ada 6,5 juta hingga 7 juta warga Korea Utara yang memiliki akses ke jaringan seluler.

Korea Utara mulai memperkenalkan jaringan seluler pada 2002. Namun, pemerintah Korea Utara belum benar-benar mengaplikasikan jaringan internet hingga tahun 2008.

Jaringan telekomunikasi dan internet di Korea Utara dikendalikan Koryolink, perusahaan patungan Mesir dengan Korporasi Pos dan Telekomunikasi Korea Utara. 

Sementara itu, Kantor Berita Pusat Korea memperlihatkan foto pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menggunakan ponsel lipat mirip Samsung Galaxy, Rabu, 12 Juli 2023.

Nama-Nama Smartphone Selain Samtaesong 8 yang Pernah Beredar di Korut

Merujuk sejumlah sumber, smartphone memang telah diperkenalkan sejak 2002 di Korea Utara sebelumnya akhirnya dilarang pada 2004 hingga 2008.

Larangan itu dicabut setelah ada pembangunan layanan 3G bernama Koryolink hasil patungan perusahaan komunikasi Mesir dan pemerintah Korea Utara.

Sejumlah ponsel untuk komunikasi diperkenalkan di negara komunis itu untuk warganya meski dengan akses internet terbatas.

Berikut sejumlah nama-nama ponsel yang pernah dirilis di Korea Utara: 

  1. Arirang AS1201 (tahun 2008)
  2. Arirang 151 dan 152 (tahun 2016)
  3. Ariang 161 (smartphone pertama diluncurkan 2017)
  4. Arirang 171 dan Jindallae 3 (tahun 2017)
  5. Phurunhanul H1 (tahun 2018)
  6. Jindallae 5 (tahun 2019)
  7. Jindallae 6, 6+ dengan pemindai sidik jari (tahun 2020)
  8. Jindallae 7 dan Pyongyang 2423 (tahun 2021)