TANGSELIFE.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim kemarau yang terjadi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan berlangsung hingga akhir bulan Oktober 2023.

Forecaster pada Balai Besar MKG Wilayah II Tangsel, Ayu Dian Rahma, mengatakan musim kemarau yang berkepanjangan terjadi karena dampak adanya fenomena El Nino.

“Untuk wilayah Tangsel diprediksi masih musim kemarau dan mengalami peralihan musim di bulan Oktober 2023,” kata Ayu Dian Rahma, saat dihubungi Tangselife.com, Rabu 27 September 2023.

BMKG Prediksi Musim Kemarau di Tangsel hingga Akhir Oktober

Adapun, Ayu menuturkan bahwa untuk musim hujan diprakirakan akan mulai terjadi pada bulan November 2023.

Sementara puncaknya, musim penghujan akan terjadi pada bulan Februari 2024 mendatang.

“Saat ini yang sudah diolah dan didapatkan hasilnya untuk wilayah Tangsel prediksi awal musim hujan bulan November 2023,” jelas Ayu.

“Puncak musim hujan bulan Februari 2024, selanjutnya nanti akan update kembali prakirannya,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, kemarau panjang yang saat ini sedang terjadi mengakibatkan sejumlah wilayah di Kota Tangsel mengalami kekeringan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel terdapat 18 titik kekeringan yang tersebar di empat Kelurahan.

Dari 18 titik tersebut, sedikitnya 1.250 kepala keluarga (KK) kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kekeringan, Tangsel, Kecamatan Setu, Kota Tangerang, Air Bersih
Warga RT 03/RW 01 Kampung Sarimula, Keranggan, Kecamatan Setu, antre air bersih, Selasa 26 September 2023 siang. (Foto: Andre Pranata)

 

Reporter: Andre Pradana

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Editor