TANGSELIFE.COM- Operasi Patuh Maung 2023 bakal digelar jajaran Polda Banten pada 10-23 Juli 2023 nanti.

Operasi penertiban lalu lintas yang dilaksanakan selama dua pekan itu digelar Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten dan jajaran polres di bawahnya.

Tapi, Operasi Patuh Maung 2023 itu dilakukan jajaran Polda Banten tanpa menggelar razia besar-besaran.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah mengatakan tidak ada razia stasioner atau razia terpusat saat operasi digelar.

“Saat Operasi Patuh Maung 2023, kami tidak menggelar razi stasioner. Tapi razia dalam bentuk tentatif,” terangnya, Kamis, 6 Juli 2023.

Artinya, kata Firman juga, razia dilakukan secara tentatif dalam bentuk patroli dan juga dilakukan hunting pelaku pelanggaran lalu lintas.

Jadi dalam Operasi Patuh Maung 2023 itu, bila petugas menemukan pelanggaran lalu lintas secara kasat mata akan dilakukan peringatan.

“Jadi tidak langsung ditindak bila ada pelanggaran kasat mata tidak terlalu berat, kami akan berikan teguran secara tertulis.,” katanya juga.

Tapi bila dalam Operasi Patuh Maung 2023 ditemukan pelanggaran berat dan membahayakan pengemudi dan orang lain baru ditindak berupa tilang manual.

Dia juga mengatakan, selain tilang manual pihaknya juga akan memantau pelanggaran lalu lintas melalui ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement.

Penindakan dalam Operasi Patuh Maung 2023 itu memang diutamakan melalui tilang elektronik bagi pelanggar lalu lintas yang terpantau ETLE tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi (Kabagbinops) Ditlantas Polda Banten AKBP Sonny Harsono mengatakan selama operasi, 60 persen dilakukan penegakan hukum

“Sisanya sebanyak 40 persen terbagi dua yakni 20 persen penidakan secara preventive dan 20 persen secara preemptive,” terangnya.

Tapi dalam Operasi Patuh Maung 2023, kata Sonny juga, kalau ada potensi ancaman kecelakaan petugas akan langsung menindak.

“Jadi petugas kita di lapangan saat operasi bisa melakukan penindakan dengan tilang manual papar,” Sonny juga.

Sedangkan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten AKBP Abdul Syukur Anwar meminta seluruh masyarakat yang berkendara agar tertib lalu lintas.

Terutama pengendara baik mobil dan motor yang berada di wilayah hukum Polda Banten melengkapi perlengkapan berkendara.

“Tujuannya agar terwujud lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar bagi masyarakat,” terangnya.

Gelar Operasi Patuh Maung 2023, Polda Banten Kerahkan 400 Personel

Selain itu, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah mengatakan Operasi Patuh Maung 2023 diikuti oleh 400 personel.

“Operasi Tertib Maung 2023 selama 14 hari dimulai pada Senin, 10 Juli 2023 dan dilakukan Ditlantas Polda Banten bersama polres jajaran,” terangnya.

Dia juga mengatakan kalau 400 personel yang menggelar razia itu tersebar di seluruh polres kota/kabupaten di bawah Polda Banten.

“Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas,” terangnya juga.

Selain itu juga, diharapkan operasi ini bisa menurunkan kecelakaan lalu lintas dan korban serta mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas.