TANGSELIFE.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baterai mobil listrik Hyundai di kawasan Karawang, Jawa Barat, Rabu 3 Juli 2024.

Diresmikannya pabrik baterai mobil listrik milik perusahaan asal Korea Selatan itu diharapkan mampu menambah kapasitas produksi di Indonesia.

Sebab, Indonesia memiliki target 600.000 kapasitas produksi battery electric vehicle (BEV) pada tahun 2030 nanti.

“Produksi Kona Electric 50.000 unit per tahun ini akan menambah kapasitas produksi Indonesia secara signifikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, produksi ekosistem mobil listrik diperkirakan berdampak pada penghematan subsidi BBM yang mencapai Rp131 miliar per tahun, mengurangi impor bahan bakar minyak sebanyak 45 juta liter per tahun dan emisi CO2 sekitar 160.000 ton per tahun.

“Dan akan bertambah seiring jumlah kendaraan yang beredar,” kata Luhut.

Di samping itu, penggunaan baterai produksi dalam negeri ini dapat meningkatkan nilai TKDN Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), dari 40 persen menjadi 80 persen.

Luhut mengatakan, hal tersebut merupakan langkah awal mendorong peningkatan nilai tambah industri dalam negeri.

“Melalui pemanfaatan sumber daya alam (SDA) dan daya serta yang SDA yang kaya, serta berinvestasi dalam teknologi tinggi mutakhir, Indonesia siap menjadi pemain kunci dalam rantai pasokan global untuk kendaraan listrik dari hulu sampai hilir,” tandas Luhut.

Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik

Jokowi meresmikan pabrik dan ekosistem baterai  mobil listrik terbesar di Asia Tenggara PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat, Rabu 3 Juli 2024.

Dengan diresmikannya pabrik tersebut, Jokowi mengatakan, Indonesia telah memulai babak baru untuk menjadi pemain global di ekosistem electric vehicle (EV) cell baterai dan electric vehicle.

“Dengan dibangunnya smelter, dibangunnya pabrik baterai kendaraan listrik. Kita akan menjadi pemain global yang penting dalam global supply chain kendaraan listrik,” tegas Jokowi.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter