TANGSELIFE.COM– Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,6 megguncang Pangandaran, Jawa Barat, Minggu, 4 Juni 2023 sekitar pukul 20.48 WIB.

Melalui akun Twitter resminya, BMKG menyampaikan gempa bumi berpusat di laut 105 kilometer (km) Barat Daya Kabupaten Pangandaran.

“Telah terjadi gempabumi mag:4.6,” cuit BMKG dalam akun resminya, Minggu, 4 Juni 2023 pukul 21.00 WIB.

Gempa ini dirasakan (MMI):III atau getarannya dirasakan nyata dalam rumah di kawasan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Gempat itu juga terasa di wilayah Cisompet, di Cikalong, dan di Pameungpeuk. Selain itu usai terjadinya gempa pertama, BMKG memperingatkan adanya potensi gempa susulan.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG juga mengatakan kalau gempa itu tidak berpotensi tsunami. 

Ini yang Harus Dilakukan Bila Terjadi Gempa Bumi

1. Hindari Kepanikan dan Mencoba Tenang

Kondisi tenang diperlukan ketika gempa terjadi. Karena dengan tidak panik, maka kita bisa menyelamatkan diri dari gempa. 

2. Segera Keluar dari Bangunan

Segera mungkin keluar dari rumah atau gedung saat terjadi gempa bumi.

3. Gunakan Tangga Darurat

Jangan gunakan lift karena dikhawatirkan gempa merusak instalasi listrik dan membuat padam listrik. Jadi gunakan tangga darurat. 

4. Berlindung dari Reruntuhan dalam Gedung

Jika berada di gedung yang tinggi dan tidak bisa segera keluar dari gedung, segera lindungi tubuh dari reruntuhan.

6. Menuju Area Terbuka

Jika gempa bumi terjadi pada saat teman-teman ada di luar ruangan, menjauhlah dari bangunan, tiang listrik, pohon, papan reklame, atau benda-benda yang memiliki potensi rubuh akibat goncangan.