TANGSELIFE.COM-Meski sudah ditertibkan beberapa kali tapi tetap saja masih banyak pedagang Pasar Ciputat, Kecamatan Ciputat, yang berjualan di pinggir jalan. 

Terutama di sepanjang Jalan Dewi Sartika tepatnya di bawah Fly Over Ciputat yang mengarah ke Jalan Ir H Juanda. Para pedagang mulai beraktivitas pada sore dan malam hari.

Akibat masih banyaknya pedagang yang berjualan sembarangan membuat akses lalu lintas tersendat dan terjadi kemacetan panjang. 

Selain itu juga, pedagang juga banyak yang menggelar lapak di Jalan Haji Usman. Masih ada pedagang yang membuka lapak di akses masuk ke Pasar Ciputat dari depan Koramil Ciputat tersebut.

Para pedagang itu membuka lapak mulai dari samping gedung Markas Koramil Ciputat hingga depan kantor Pos Ciputat hingga membuat kondisi terlihat kumuh. 

Meski sudah ditertibkan tapi kembali sejumlah pedagang ini membuka lapaknya hingga membuat keadaan pasar itu semrawut.

Karena itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) bakal menindak tegas pedagang Pasar Ciputat yang masih membandel karena berjualan di badan jalan. 

Bahkan untuk kesekian kalinya, Camat Ciputat bersama Lurah Ciputat serta Satpol PP Kota Tangsel melakukan penertiban pedagang di pasar itu, Kamis 4 April 2023 kemarin. 

Lurah Ciputat Iwan mengakui memang masih banyak pedagang yang berjualan meskipun sudah diberi imbauan bahkan ditertibkan. 

“Memang masih ada, tapi kami akan terus melakukan sosialisasi dan penertiban kepada pedagang yang berjualan di bahu jalan,” terangnya. 

Iwan juga mengancam pedagang yang masih nekat berjualan di pinggiran jalan di sekitar Pasar Ciputat akan ditindak tegas. 

Dia juga mengatakan akan menerapkan hukuman tindak pidana ringan (tipiring) bagi pedagang yang membandel. 

“Kalo tetap membandel yah ada tindakan tegas. Berupa penyitaan barang dagangan maupun ditindak tipiring dan nanti disidang,” cetusnya. 

Untuk diketahui, masih banyaknya pedagang yang berjualan di bahu jalan membuat akses di sekitar pasar itu macet nyaris setiap saat. 

Warga sering mengeluhkan kondisi Pasar Ciputat yang semrawut dan kerap macet nyaris setiap saat. 

“Pasar Ciputat macet dan semrawut itu sudah lama. Tapi baru-baru ini ditertibkan dan sudah agak lumayan kondisinya,” terang Mamat, warga Jalan Perintis, Kelurahan Kedaung.

Dia juga meminta ada petugas yang berjaga setiap saat di lokasi sekitar Pasar Ciputat agar tidak kembali semrawut.

Terutama agar para pedagang tidak membuka lapaknya di sekitar bahu jalan lagi yang membuat keadaan kembali kumuh.

”Kalau dibilang ideal, kondisi Pasar Ciputat memang belum. Tapi sekarang ini lebih beradab dari sebelumnya,” cetusnya. 

Karena itu, dia mendukung langkah Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan agar terus merevitalisasi Pasar Ciputat.