TANGSELIFE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memastikan akan ada rute baru TransJakarta yang akan beroperasi dalam waktu dekat.

Nantinya, rute baru TransJakarta tersebut akan beroperasi dari Terminal Pondok Cabe, Kota Tangsel, menuju wilayah Jakarta.

Kepala Seksi Angkutan Orang dan Barang Dishub Tangsel, Galang Andhika mengatakan, pihaknya telah memberikan rekomendasi atau pendapat teknis terkait rute baru TransJakarta ke pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Pemkot melalui Dishub Tangsel itu kewenangannya dimintai advice atau pendapat teknis trayek yang akan dikeluarkan izin oleh BPTJ itu seperti apa gambarannya,” kata Galang kepada Tangselife.com, Kamis, 25 April 2024.

Lebih lanjut, Pemkot Tangsel memberikan rekomendasi kepada BPTJ dan Kemenhub untuk segera mengoperasikan 3 rute baru.

“Kita memberikan rekomendasi 3 trayek yang akan dimulai dari Terminal Pondok Cabe.”

“Jadi untuk masyarakat Tangsel yang pergerakannya atau aktivitasnya ada di Jakarta nantinya bisa menggunakan armada tersebut,” terang Galang.

Ketiga rute trayek tersebut akan beroperasi mulai dari Terminal Pondok Cabe dengan tujuan akhir Terminal CSW Jakarta Selatan, Kampung Rambutan, dan Tanah Abang.

Galang mengungkapkan, ketiga rute trayek tersebut kelak akan ditopang oleh 51 armada TransJakarta.

Ia berharap dengan ada alternatif baru transportasi massal tersebut, masalah kemacetan di Kota Tangsel dapat berkurang.

“Jadi masing-masing rute itu sudah ada hitungannya berapa unit armada agar nantinya masyarakat tidak menunggu terlalu lama,” terangnya.

“Untuk jam operasional seluruh armada itu yang menentukan BPTJ atau Transjakarta, tapi biasanya akan dilakukan di jam-jam sibuk,” tambahnya.

Rencana tersebut diprakirakan akan segera beroperasi dalam waktu dekat setelah rekomendasi yang pihaknya berikan diterima oleh pihak BPTJ, TransJakarta, dan Kemenhub.

“Mungkin bisa diprakirakan bulan depan sudah bisa beroperasi, soalnya mereka sudah siap armada, BOK, supir dan segala macamnya. karena sebenarnya perencanaan ini sudah dilakukan sejak lama,” pungkasnya.

Trayek Lengkap, Termasuk Rute Baru TransJakarta, di Tangsel

– Terminal Pondok Cabe – CSW

Untuk rute tersebut Transjakarta nantinya akan melintasi Terminal Pondok Cabe – jalan RE Martadinata – jalan H Zamzami – jalan Otto Iskandardinata – jalan Dewi Sartika – jalan Ir H Juanda (CSW)

– Terminal Pondok Cabe – Kampung Rambutan

Untuk rute tersebut nantinya Transjakarta akan melintas dari Terminal Pondok Cabe – jalan RE Martadinata – jalan H Zamzami – jalan Otto Iskandardinata – jalan Dewi Sartika – jalan Ir H Juanda (Kampung Rambutan)

– Terminal Pondok Cabe – Tanah Abang

Untuk rute tersebut nantinya Transjakarta akan melintas dari Terminal Pondok Cabe – jalan Terminal Pondok Cabe – jalan RE Martadinata – jalan Pondok Cabe Raya – jalan Cirendeu Raya (tanah abang).

Andre Pradana
Reporter