TANGSELIFE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dikabarkan akan menerapkan Sistem Satu Arah (SSA) di sejumlah ruas jalan pada tahun 2024. Salah satunya di sekitar bundaran Unpam (Universitas Pamulang).

Ruas jalan tersebut diantaranya Jalan Parigi Raya hingga Jalan Pondok Kacang yang berada di Kecamatan Pondok Aren dan Jalan Pajajaran atau bundaran Unpam hingga Jalan Otista yang berada di Kecamatan Pamulang.

Pantauan Tangselife.com pada Jumat 8 Desember 2023 Pukul 17.50 WIB ruas Jalan Pajajaran bundaran Unpam yang menghubungkan wilayah Pamulang dan Ciputat terlihat cukup dipadati oleh kendaraan.

Banyaknya volume kendaraan menyebabkan kondisi lalu lintas di ruas jalan dekat bundaran Unpam tersebut menjadi padat merayap.

Penumpukan kendaraan di ruas bundaran Unpam Jalan Pajajaran sendiri diprakirakan mencapai jarak sekira 2 kilometer.

Sumber kemacetan terlihat berada tepat di bundaran Pamulang atau bundaran Unpam yang menjadi persimpangan 3 ruas jalan menuju Ciputat, menuju Pamulang 2 dan menuju Reni Jaya.

Kemacetan yang terjadi di Bundaran Unpam terlihat karena kendaraan yang dari arah Pamulang 2 menuju Ciputat atau Reni Jaya berebut jalan dengan kendaraan yang dari arah Ciputat menuju Reni Jaya atau Pamulang 2.

Salah seorang pengendara, Abdulrohman mengatakan, ruas Jalan Pajajaran memang selalu  macet setiap harinya.

Pria yang berprofesi sebagai driver ojek online (Ojol) itupun mengungkapkan, kemacetan di Jalan Pajajaran selalu terjadi pada jam-jam sibuk yaitu pagi hari maupun sore hari.

“Saya sering lewat sini, di sini mah (Jalan Pajajaran-red) memang selalu macet, apalagi kalau pagi jam berangkat kerja sama sore pas pulang kerja,” kata Abdulrohman saat berbincang dengan Tangselife.com, Jumat, 8 Desember 2023.

Sementara itu, untuk kondisi di Jalan Parigi Raya menuju Jalan Pondok Kacang terlihat lancar pada Pukul 17.03, Jumat 8 Desember 2023.

Seorang warga Pondok Kacang Ipul menyebut, kondisi di Jalan Parigi Raya seringkali mengalami macet pada pagi hari.

Pasalnya, lanjut Ipul, kemacetan yang terjadi pada pagi hari disinyalir karena banyak masyarakat yang berangkat kerja maupun mengantar anak bersekolah.

“Kalau sore si nggak terlalu macet, kalau pagi memang macet banget mungkin karena banyak yang nganter anaknya sekolah,” kata Ipul.

Menurutnya dengan diterapkan sistem satu arah hal itu mungkin akan membantu mengurai kemacetan di ruas jalan tersebut.

“Mungkin bisa efektif, walaupun harus muter jadi lebih jauh,” pungkasnya. (Andre)

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter