TANGSELIFE.COM– Waspada! aksi pencurian sepeda kembali marak di Tangerang Selatan (Tangsel). Aksi pencurian terbaru terekam closed circuit television (CCTV).

Saat beraksi, kedua pelaku berhasil menggasak dua sepeda sekaligus milik warga Perumahan Amanah Garden Village 5, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel, Senin, 5 Juni 2023 dinihari.

Kawanan maling sepeda itu beroperasi pada dinihari saat penghuni rumah tengah terlelap tidur. Berdasarkan rekaman CCTV, aksi pencurian dua sepeda itu tergolong berani.

Pencurian sepeda
Aksi pencurian sepeda terekam kamera CCTV di Gang Amal Bakti RT 04 RW 11, Jalan Panti Asuhan, Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel pada Jumat, 11 Februari 2022 lalu.

Awalnya, kedua pelaku datang mengendarai sepeda motor yang diparkir di depan perumahan. Selanjutnya, salah seorang pelaku usai melihat kondisi sepi langsung beraksi.

Seorang pelaku lantas memanjat tembok setinggi kurang lebih dua meter untuk memasuki halaman rumah korbannya tersebut.

“Pencurian terjadi saat saya sedang tidur. Saya baru sadar ketika bangun mau salat subuh, lihat ke teras rumah satu sepeda saya sudah tidak ada,” terang pemilik rumah, Merina Metasari, Senin 5 Juni 2023.

Merina lalu membangunkan sang suami dan mengecek kamera CCTV. Dari rekaman itu terlihat kalau salah satu sepeda miliknya telah dicuri oleh seorang pria tak dikenal.

Merina juga mengatakan dari dua sepeda di rumahnya hanya satu yang digasak pencuri. ”Cuma satu sepeda yang diambil pencuri,” terangnya juga.

Keesokan harinya, dia mendengar kalau  ada tetangganya di perumahan tempat dia tinggal juga kehilangan sepeda pada malam yang sama.

“Saat dicek CCTV di rumah tetangga saya itu, komplotan pelaku menggasak dua sepeda dalam satu malam itu. Satu sepeda saya dan satu sepeda tetangga,” papar Merina juga.

Berdasarkan rekaman CCTV, tidak butuh lama untuk kedua maling itu beraksi menggasak dua unit sepeda dari kompleks perumahan tersebut.

“Jadi komplotan pelaku ini butuh waktu satu jam lebih untuk menggasak dua sepeda. Sepeda milik saya dan milik tetangga saya,” cetus Merina lagi.

Kasus pencurian itu bakal dilaporkan ke Markas Polsek Pondok Aren. “Saya dan tetangga mau melapor ke polisi. Biar jadi perhatian polisi dan bisa melakukan patroli di perumahan ini,” tandasnya. 

Berikut Tips Mencegah Pencurian Sepeda

  1. Simpan sepeda di dalam rumah atau tempat tersembunyi agar tidak terlihat oleh orang lain dan bisa menjadi kesempatan pelaku pencurian. 
  2. Akan lebih baik lagi jika sepeda disimpan di tempat tersembunyi dan juga tetap gunakan kunci. 
  3. Saat meletakan sepeda di halaman rumah harus dikunci. Kalau bisa dikunci ke tiang atau tembok rumah agar tidak mudah dicuri.
  4. Pasang stiker atau tanda pengenal. Jika nanti sepeda Anda dicuri maka bisa dikenali lewat pemasangan stiker atau tanda pengenal. Pencarian sepeda yang hilang dengan tanda pengenal tertentu lebih mudah dilakukan. 
  5. Pasang CCTV yang mengcover area tempat penyimpanan sepeda di rumah. Jadi jika suatu saat terjadi pencurian akan diketahui siapa pelakunya. 
  6. Pelihara anjing di rumah Anda juga membantu membuat pencuri sepeda berpikir dua kali untuk beraksi.