TANGSELIFE.COM – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka pendaftaran uji coba operasional kereta api cepat (KA Cepat) gratis untuk masyarakat umum.

Kegiatan uji coba operasional ini memberi kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan pengalaman naik kereta api dengan kecepatan tinggi sampai 350 kilometer per jam.

Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa mengungkapkan bahwa pendaftaran dibuka secara bertahap.

Pendaftaran tahap 1 dibuka mulai Minggu, 17 September 2023 untuk keberangkatan tanggal 18-24 September 2023.

Pendaftaran tahap dua dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25-30 September 2023.

Link dan Cara Daftar Uji Coba Operasional Kereta Cepat

Screenshot 2023 09 18 092245
Lakukan pendaftaran bagi masyarakat yang ingin ikut uji coba operasional kereta api cepat

Bagi masyarakat yang ingin merasakan naik kereta api cepat Jakarta-Bandung bisa mengakses http://ayonaik.kcic.co.id/ untuk melakukan registrasi.

Berikut langkah-langkah registrasi uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung:

  • Akses situs http://ayonaik.kcic.co.id/
  • Pilih Rute perjalanan yang tersedia
  • Tetapkan tanggal keberangkatan
  • Masukkan jumlah penumpang
  • Klik kotak ‘Saya bukan robot’ untuk selanjutnya masuk ke menu jam keberangkatan
  • Setelah berhasil masuk, pilih jam keberangkatan yang diinginkan

Satu pendaftar dapat melakukan pemesanan untuk maksimal dua penumpang dan satu NIK hanya bisa melakukan pemesanan satu kali selama masa uji coba.

Pemesan wajib isi data diri dan memilih jadwal keberangkatan serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Perjalanan tersebut berlaku pulang-pergi dan wajib mengikuti sesuai jadwal KA.

Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas.

Kegiatan uji coba gratis KA Cepat bersama penumpang ini dilakukan sampai 30 September 2023 dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan Kereta Cepat.

Selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung, KCIC setiap harinya menyediakan empat jadwal perjalanan pulang-pergi (PP).

Sehingga total terdapat delapan perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa ujicoba yang akan berlangsung sampai 30 September 2023 tersebut.

Penumpang Mendapat Jaminan Asuransi Keselamatan dari Perusahaan Kereta Cepat

Untuk memastikan keselamatan penumpangnya, perusahaan Kereta Cepat ini juga memberi perlindungan asuransi perjalanan.

Oleh karena itu, penting bagi calon penumpang mengisi data diri dengan baik dan benar ketika melakukan pendaftaran.

Calon penumpang juga diimbau agar memperhatikan jadwal KA Cepat yang dipilih dan datang selambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari antrean pada saat proses verifikasi data calon penumpang dilakukan.

Akses Jalan Menuju Stasiun Kereta Api Cepat

Calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Halim bisa mengakses jalan DI Panjaitan yang sudah dibuka untuk umum.

Sementara untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memudahkan masyarakat menjangkau Stasiun Tegalluar.

Berama Damri, KCIC menyediakan 8 armada shuttle yang bisa digunakan masyarakat untuk menuju Stasiun Tegalluar dengan titik keberangkatan Pool Damri Soekarno-Hatta.

Selain Damri, kerja sama juga dilakukan dengan Summarecon yang menyediakan 4 unit medium bus hasil kerja sama dengan Blue Bird dengan titik keberangkatan Mall Summarecon.

Kehadiran shuttle ini merupakan salah satu bagian dari integrasi antar moda yang juga akan diterapkan saat KA Cepat sudah beroperasi penuh.

Selain menggunakan shuttle, kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga bisa melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife