TANGSELIFE.COM – Pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan atau Benyamin-Pilar resmi mengembalikan formulir penjaringan pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Tangsel 2024 mendatang.

Benyamin-Pilar menyerahkan formulir pendaftaran secara bersamaan ke PDIP Tangsel, Selasa, 30 Mei 2024. Pengembalian formulir itu dilakukan di hari terakhir batas pendaftaran.

Selain Benyamin-Pilar. Saat ini belum ada sosok calon lain yang mengembalikan formulir pendaftaran itu. Pendaftaran penjaringan PDI Perjuangan sendiri berlangsung sejak 22 hingga 30 April 2024 pukul 23.59 WIB. Hingga

Namun hingga pukul 20.00 WIB, Selasa (30/4/2024), tercatat hanya Benyamin-Pilar yang sudah mengembalikan formulir ke markas partai berlambang banteng tersebut.

Ketua DPC PDIP Tangsel, Wanto Sugito mengatakan, setelah waktu pendaftaran ditutup, pihaknya akan melaporkan hasil penjaringan yang sudah dilakukan kepada DPD PDIP Provinsi Banten dan pengurus pusat di DPP.

“Rencana besok pagi kami akan melaporkan kepada DPD dan DPP partai perihal siapa saja tokoh masyarakat baik eksternal dan internal yang mendaftar dan mengembalikan formulir hingga hari ini,” kata Wanto Sugito, Selasa, 30 April 2024.

Wanto mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah mengumumkan secara terbuka pembukaan penjaringan pandaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Tangsel.

Namun jika sampai batas akhir tetap tidak ada lagi tokoh yang mengembalikan formulir, ia memastikan tidak akan memperpanjang waktu pendaftaran penjaringan.

“Ini kan hasil rapat bersama dengan DPD Banten bahwa penjaringan itu terakhir tanggal 30 April sehingga apapun perkembangan perhari ini komunikasi baik personal kepada DPD dan DPP partai akan kami laporkan,” ungkapnya.

Wanto menuturkan, meski menjadi satu-satunya pasangan yang mengembalikan formulir penjaringan di PDIP, namun hal itu tidak membuat petahana langsung mendapatkan surat rekomendasi dari DPP.

Pasalnya, masih terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui oleh bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung oleh PDIP.

“Karena tahapan selanjutnya yaitu adalah wawancara, fit and propertest di DPD dan DPP, termasuk juga kemudian kalkulasi politiknya seperti apa dan kerjasama politiknya dengan siapa saja di Tangsel, ini nanti diputuskan,” pungkasnya.

Andre Pradana
Editor
Andre Pradana
Reporter