TANGSELIFE.COM-Kasus penembakan Habib Bahar bin Smith yang dilakukan orang tak dikenal (OTK) di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor sudah dilaporkan ke polisi. 

Habib Bahar bersama tim pengacaranya, Tim Advokasi Habib Bahar sudah melaporkan kasus penembakan itu ke Markas Polsek Kemang.

Laporan itu teregister dengan nomor LP/–/B/V/2023/SPKT/POLSEK KEMANG/POLRES BOGOR/POLDA JABAR.

Dalam laporannya kepada polisi, Habib Bahar mengatakan kalau penembakan dirinya itu terjadi  saat tengah menjajal mobil Jeep yang baru diperbaiki muridnya.

“Kalau keterangannya (Habib Bahar) ditembak saat mencoba mobil Jeep yang baru diperbaiki muridnya,” terang Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo. 

Dalam laporannya itu juga, Habib Bahar mengaku kalau penembakan terhadap dirinya itu terjadi di sekitaran Pusdiklat Dishub, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

“Kalau kejadiannya itu pada Jumat 12 Mei 2023 sekitar jam 21.45 WIB,” terang Ibrahim Tompo juga kepada wartawan, Senin 15 Mei 2023 sore.

Ibrahim Tompo juga mengakui ada luka di sekitar perut Habib Bahar yang jadi korban penembakan dan juga bukti kaos dengan darah. 

“Namun hasil visum belum keluar, jadi kita belum bisa menginfokan lebih lanjut terkait kondisi dan penyebab luka itu,” ujar juga perwira menengah Polri ini lagi. 

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menegaskan telah membentuk tim  untuk menyelidiki kejadian penembakan terhadap Habib Bahar tersebut.  

Pihaknya langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) penembakan pengasuh Ponpes Pesantren Tajul Alawiyin  tersebut. 

“Olah TKP terkait penembakan yang dilaporan Habib Bahar Bin Smith juga sudah dilakukan,” terang Iman, Senin 15 Mei 2023 sore.

Sedangkan pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar membenarkan kalau kasus penembakan kliennya sudah dilaporkan ke Markas Polsek Kemang. 

“Benar. (Kasus penembakan) sudah dilaporkan ke Polsek Kemang,” terangnya kepada wartawan, Selasa 16 Mei 2023.

Dia juga mengatakan saat ini, kliennya dalam kondisi baik usai terjadi penembakan tersebut. “Habib Bahar dalam kondisi baik. Sudah ke rumah sakit. Saat ini tengah istirahat memulihkan diri,” katanya. 

Aziz Yanuar juga mengatakan pihaknya sudah melaporkan kasus penembakan itu ke polisi dan kini tinggal menunggu hasil penyelidikan pihak kepolisian. 

Senada Ichwan Tuankotta, pengacara yang tergabung dalam Tim Advokasi Habib Bahar  mengatakan saat ini kondisi kliennya tersebut dalam keadaan sehat.

“Habib Bahar saat ini dalam keadaan sehat, dan sekarang sudah di rumah beliau,” kata Ichwan. 

Dia juga menjelaskan, Tim Advokasi Habib Bahar telah mendampingi kliennya dalam berita acara pemeriksaan di Polsek Kemang. 

Pihaknya juga sudah mendampingi Habib Bahar saat visum di Rumah Sakit (RS) PMI Bogor untuk prosedur penyelidikan kepolisian. 

“Kondisi beliau (Habib Bahar) saat ini Alhamdulilah baik-baik saja, sehat walafiat. Mohon doa dari seluruh umat agar permasalahan ini segera selesai,” cetusnya. 

Kabar Penembakan Habib Bahar Diviralkan Dua Akun YouTube

Untuk diketahui, penembakan terhadap Habib Bahar itu terjadi Jumat 12 Mei 2023 malam. Saat itu, Habib Bahar mencoba mobil Jeep yang baru diperbaiki muridnya. 

Saat mengemudikan kendaraannya itu, Habib Bahar merasa ada yang janggal. Dia lantas turun dari mobil untuk melakukan pemeriksaan. 

Saat tengah mengecek mesin kendaraan itu, tiba-tiba dua orang pengendara motor mendekat ke arahnya dan melepaskan dua kali tembakan. 

Salah satu peluru bersarang di perutnya. Sambil bersimbah darah Habib Bahar melarikan dirinya ke rumah sakit. 

Dia lantas memberitahukan pengacaranya, Aziz Yanur terkait penembakan tersebut, yang lantas menuju lokasi kejadian. 

Informasi penembakan Habib Bahar pertama kali dikabarkan video dari akun YouTube milik Edy Mulyadi dan Mahesa Al Bantani. 

Dalam video yang diunggah oleh Edy Mulyadi dalam akun YouTube @Anti Oligarki Channel, Edy menampilkan perbincangannya dengan Aziz Yanuar, pengacara Habib Bahar.

“Tidak hanya baju, sorban Habib Bahar juga terkena darah sampai di foto Kak Luen (Fadlun Faisal Balghoits istri Habib Bahar),” ujar Aziz Yanuar.

Kabar penembakan Habib Bahar sempat viral media sosial dan menjadi perbincangan hangat di dunia maya sejak Minggu 14 Mei 2023 malam. 

Sementara itu, kanal YouTube Mahesa Al Bantani membeberkan beberapa bukti penembakan terhadap Habib Bahar tersebut. 

Video penembakan Habib Bahar yang diunggahnya itu diberi judul “Voice Note Habib Bahar Tertembak” dengan durasi 3 menit 15 detik.

“Guru Habib Bahar tertembak,” begitu pesan WhatsApp yang ditunjukkan oleh Mahesa Al Bantani dalam video di YouTube miliknya pada Minggu 15 Mei 2023.