TANGSELIFE.COMPenipuan penjualan tiket Timnas Indonesia vs Argentina berhasil dibongkar polisi.

Polsek Metro Tanah Abang menangkap 4 pelaku penjualan tiket palsu Indonesia vs Argentina di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu, 18 Juni 2203.

Meski pelaku menjual tiket pertandingan Indonesia vs Argentina dengan harga lebih mahal dibanding tiket resmi tapi tiket tetap laris.

Kanit Reskrim Polsek Metro Tanah Abang, Kompol Kanit Kukuh Islami mengatakan selain menangkap 4 orang, polisi menyita uang tunai Rp11 juta.

Adapun empat pelaku yang ditangkap polisi itu masing-masing berinisial WH (26) yang menjadi otak dalam kasus ini. Lalu, H (20), AS (21), dan IA (25).

“Kita amankan satu buah laptop, ponsel, tiket yang dipalsukan dan sejumlah uang hasil kejahatan pelaku,” kata Kukuh kepada wartawan, Senin, 19 Juni 2023.

“Uang yang berhasil kita sita Rp11 jutaan. Tapi pengakuan dia hasil penjualan itu baru untung Rp2 juta,” katanya juga.

Dia juga mengatakan, pelaku melakukan penipuan lantaran ingin mencari keuntungan dari pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina bersama gerombolannya.

Kepada polisi pelaku mengaku telah melakukan penipuan pemalsuan barcode dan berhasil lalu membuat tiket palsu.

Adapun modus yang dilakukan pelaku adalah membeli tiket asli. Tiket tersebut kemudian di-scan dan dicetak seolah-olah asli.

Kasus ini terbongkar setelah polisi menerima laporan adanya penonton yang tertipu membeli tiket dari salah satu pelaku.

Adapun harga tiket yang dijual para pelaku penipu tiket ini untuk Cat 3 atau Kategori 3 dijual Rp650.000, Cat 2 Rp1.300.000.

“Jadi tiket palsu untuk Cat 3 selisih Rp50 ribu dari harga resmi dan Cat 2 selisih Rp100 ribu dari harga resmi,” terangnya juga.

Kukuh juga mengatakan terdapat sejumlah perbedaan tiket yang dijual pelaku dengan tiket aslinya.

Yaitu, terdapat pada barcode dan bahan tiket yang dijual juga berbeda dengan yang aslinya.

“Untuk perbedaan tiket yang dijual para pelaku itu ada di barcode, kemudian di perekatnya dan dari bahannya juga berbeda,” cetusnya juga.