TANGSELIFE.COM– Permintaan penurunan tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  tengah dikaji oleh PT KAI Commuter (KCI).

“Sesuai arahan Menteri Perhubungan, untuk penurunan tarif kereta Bandara Soekarno-Hatta tengah dilakukan kajian,” terang VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Senin, 29 Mei 2023.

Dia juga mengatakan KCI secara rutin mengkaji besaran tarif layanan kereta termasuk tarif Kereta Api (KA) Bandara.

Penurunan tarif
Rute dan jadwal Kereta Api (KA) Bandara ke sejumlah Stasiun di Kota Tangerang dan DKI Jakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta.

“Segera, karena baru kemarin arahannya. Pasti kita kaji tarif kerta Bandara Soetta. Karena tarif KRL saja terus dikaji,” ujarnya juga.

Meski begitu, Anne Purba mengatakan saat ini tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta tetap Rp75.000/penumpang tapi KCI sering memberikan tarif promo.

Tujuannya, untuk menarik lebih banyak penumpang menggunakan kereta bandara saat hendak menuju dan pulang dari Bandara Soekarno-Hatta.

Walaupun tarifnya saat ini belum ada subsidi ataupun PSO, ujar Anne lagi, tetapi KCI mencoba membuat kereta api Bandara Soetta menjadi kereta pilihan masyarakat juga.

“Tarif resmi memang Rp75.000 tapi kami sedang promo tarif seperti Rp25.000, Rp40.000 yang masih terus kami lakukan. Promo berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan,” paparnya.

Untuk itu, Anne meminta masyarakat mengecek promo tarif kereta bandara  beserta ketentuannya dapat dilihat pada media sosial KCI yakni @CommuterLine.

Selain itu, juga tengah dilakukan tiket promo kereta bandara bagi penumpang yang melakukan perjalanan ke Bandara Soetta pulang-pergi atau PP dengan kereta eksekutif.

Yakni tiket KA Bandara hanya Rp50.000 untuk perjalanan dari Stasiun Manggarai/BNI City/Duri menuju Stasiun Bandara Soetta. Harga tiket sebelumnya Rp70.000.

Promo tiket KA Bandara ini dengan KA Eksekutif ini tidak berlaku bagi pemegang tarif reduksi, tiket tarif promo tidak bisa dibatalkan dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Sedangkan untuk KA Premium, Anne mengatakan jadwal dan tarif masih sama dengan sebelumnya yakni Rp70.000. 

Untuk tarif promo bisa diperoleh masyarakat dengan mengakses website https://reservation.railink.co.id/ dan pembelian tiket langsung di vending machine stasiun KA Bandara.

Untuk diketahui, sebelumnya Menhub Budi Karya Sumadi meminta agar PT KCI menurunkan tarif tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Menurutnya juga kereta api menjadi salah satu angkutan yang dapat diandalkan untuk mobilitas dari Jabodetabek menuju ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami berdiskusi bagaimana meningkatkan kapasitas, memperluas jangkauan dan mengupayakan tarif angkutan massal lebih terjangkau menuju Bandara Soekarno Hatta,” ujar Budi, Minggu, 28 Mei 2022.