TANGSELIFE.COM – Hari lahir Pancasila diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Juni dan masuk ke dalam salah satu Hari Libur Nasional yang tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

Pada peringatan tahun 2024 ini, pemerintah mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie mengungkapkan, peringatan hari lahir Pancasila dapat menjadi momentum untuk masyarakat mengingat dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Ia menyebut, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sejauh ini telah terbukti mampu mempersatukan masyarakat Indonesia.

“Bukan hanya sekadar kata-kata saja, tapi kandungannya yang kalo kita baca segala hal itu menjadi penguat kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Benyamin, Sabtu, 1 Juni 2024.

Benyamin menerangkan, jika diibaratkan sebagai rumah, Pancasila merupakan pondasi yang membuat bangunan tersebut menjadi kokoh.

“Oleh karenanya apalagi di Tangsel, dengan beragam suku, agama, ada disini, kalau tidak ada Pancasila, tidak akan ada pengikat dari keberagaman itu,” terangnya.

Orang nomor satu di Kota Tangsel itu pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Makanya saya mengajak, mari membumikan nilai-nilai Pancasila, sekaligus kita kerja sama dan kolaborasi menjaga keutuhan dan kesatuan di Tangerang Selatan,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter