TANGSELIFE.COM– Peringatan hari lahir Pancasila digelar Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel), Kamis, 1 Juni 2023.

Peringatan hari lahir Pancasila dengan upacara bendera itu digelar Pemkot Tangsel di Lapangan Mal Pelayanan Publik Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kamis 1 Juni 2023 pagi.

Upacara hari lahir Pancasila yang dipimpin Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie itu juga hadir sejumlah unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda) Kota Tangsel.

Hari Lahir Pancasila
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dan wakilnya Pilar Saga Ichsan berfoto bersama Wali Kota Miri dam Yii Siew Sang dan wakilnya, Tuan Arifin Mohammad serta sejumlah pihak, Kamis, 1 Juni 2023.

Seperti Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan, Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid, sejumlah anggota DPRD Kota Tangsel dan sejumlah kepala dinas dan kepala badan.

Hadir juga unsur pimpinan keamanan seperti Kapolres Tangsel AKBP Faisal Febrianto, Kejari Tangsel Silpia Rosalina dan sejumlah komandan Koramil di Kota Tangsel.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dalam amanat upacara mengatakan kalau Pancasila jadi perekat bangsa di tengah peradaban modern.

“Pancasila semakin jelas peran dan posisinya untuk merekatkan dan menyatukan bangsa di tengah kondisi modernitas saat ini,” terangnya.

Karena itu, Benyamin meminta agar anak-anak muda Kota Tangsel bisa menghayati dan mengamalkan dan mempraktikkannya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Masyarakat Indonesia sudah bertekat bahwa kebhinekaan itu akan disatupadukan dalam wadah bingkai NKRI,” papar Benyamin juga.

Mantan Wakil Wali Kota Tangsel dua periode ini juga mengatakan kalau praktek dari nilai-nilai Pancasila itu yang membuat Indonesia utuh hingga saat ini.

“Berbeda dengan Uni Soviet yang terpecah menjadi sejumlah negara era 90-an karena tidak adanya pemersatu seperti Pancasila di Indonesia ini,” tandas Bunyamin juga.

Upacara Hari Lahir Pancasila Dihadiri Wali Kota Miri Malaysia

Ada yang berbeda dalam peringatan upacara hari lahir Pancasila yang digelar Pemkot Tangsel tahun 2023 ini.

Perayaan hari lahir Pancasila terasa spesial karena dihadiri oleh Wali Kota Miri, Malaysia, Adam Yii Siew Sang dan wakilnya, Tuan Arifin Mohammad serta jajaran pemerintahan Kota Miri.

Untuk diketahui, Kota Miri merupakan kota kedua terbesar di Negara Bagian Serawak, Malaysia dengan jumlah penduduk 300.000 jiwa.

Kota Miri yang berlokasi di Pulau Kalimantan atau Borneo-sebutan warga Malaysia, berbatasan dengan Kalimantan Utara (Kaltara) di Indonesia.

Benyamin Davnie mengatakan kalau kedatangan Wali Kota Miri itu untuk menjalin kerjasama kedua pemerintahan dalam sejumlah bidang.

“Antara Kota Tangsel dan Kota Miri memang akan mengadakan sejumlah kerjasama untuk kemajuan pembangunan dua daerah,” terang Benyamin juga.

Benyamin juga mengatakan naskah kerjasama kedua kota itu akan ditandangani dirinya dan Wali Kota Miri Adam Yii Siew.

Kerjasama dua kota itu pada bidang pendidikan, kebudayaan, ekonomi kreatif, pariwisata dan bidang lainnya.

“Tapi naskah kerjasama ini nanti akan kami segera tindaklanjuti ke Kemendari dan Kemenlu. Kami akan berkonsultasi agar tidak terjadi masalah ke depan,” papar Benyamin juga.

Benyamin juga mengaku dirinya dan jajaran Pemkot Tangsel juga diundang oleh Wali Kota Miri untuk datang ke daerahnya untuk memperingati perayaan Ulang Tahun Kota Miri.

“Saya diundang datan ke Kota Miri pada 19 Agustus 2023 nanti untuk menghadiri perayaan hari Ulang Tahun Kota Miri,” papar Benyamin juga.