TANGSELIFE.COM – Ajang MotoGP Mandalika 2023 berdampak positif, perputaran uang selama digelarnya ajang tersebut tembus Rp914 miliar.

Hal itu dikakatakan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahddin Uno, Selasa, 17 Oktober 2023.

“MotoGP Mandalika 2023 berdampak positif, estimasi perputaran uang terhitung sangat tinggi. Ini melampaui target,” ujarnya.

Deputi Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Dessy Ruhati mengungkapkan, estimasi sementara perputaran uang selama ajang MotoGP Mandalika 2023 mencapai Rp914 miliar.

“Mulai dari penjualan tiket MotoGP dan pengeluaran dari penonton serta wisatawan yang datang, estimasi perputaran uang itu sebesar Rp914 miliar,” ujarnya.

Lanjut Dessy, ajang MotoGP Mandalika 2023, dari penjualan tiket saja bisa mendapat Rp73 miliar.

Sedangkan dari para wisatawan yang hadir itu bisa mencapat Rp841 miliar. Dimana wisatawan yang hadir lebih dari 100 ribu pengunjung.

Akomadasi pada zona Mandalika, Praha dan Kota Mataram ada kenaikan harga 2 sampai 3 kali lipat dari harga normal.

Dari data yang disampaikan, 40 persen pengunjung memilih hotel untuk menginap, lalu homestay sebesar 20 persen, rumah kerabat sebanyak 26,6 persen dan Villa atau resor sebesar 13,3 persen.

Sementara dari jenis transportasi yang digunakan, pengunjung menggunakan pesawat terbang sebanyak 60 persen, mobil sebesar 26,6 persen serta kendaraan motor sebanyak 6,6 persen dan transportasi lain sebesar 6,6 persen.

Menurut Dessy, sebanyak 90 persen penonton MotoGP Mandalika 2023 yang hadir, besar kemungkinan akan kembali ke Mandalika atau Lombok untuk berlibur.

Sopiyan
Editor