TANGSELIFE.COM – Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) lakukan persiapan jelang konser perdana Coldplay di Jakarta, 15 November 2023 mendatang.

Bangun Didik Susantoro selaku Kepala Unit dari GBK memberikan informasi mengenai perubahan yang dilakukan jelang konser bertajuk Music of The Sphere World Tour tersebut.

Persiapan yang mereka lakukan adalah mencopot sekitar 3.000 bangku tribun selatan.

“Kursi tribun dicopot untuk dibuat jalur evakuasi, dari SOP promotor harus ada jalur evakuasi, nanti akan dikembalikan seperti semula,” kata Bangun.

Pihaknya juga mengamankan rumput stadion tersebut dengan menutupnya dengan pelindung khusus agar rumput tetap terjaga dan tidak rusak.

Letak panggung akan ada di dekat pintu merah selatan dengan pelindungan menggunakan grass cover untuk area jogging track.

Pada konser kali ini, penutup rumput (grass cover) yang digunakan khusus didatangkan dari Inggris, sesuai dengan permintaan dari pihak Coldplay kepada pihak penyelenggara.

Kualitas penutup rumput tersebut juga dinilai sudah teruji karena jenisnya juga digunakan di Stadion Wembley dan Stadion Tottenham Hotspur.

Dikatakan juga kalau penutup rumput tersebut sudah tiba di Jakarta sekitar September atau Oktober 2023.

“Bisa dilihat ada grass cover baru. Pihak GBK membeli langsung dari UK. Pihak kamu membeli langsung grass cover sesuai dengan permintaan mereka,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa tim Coldplay membutuhkan waktu selama dua minggu untuk mempersiapkan semua konsernya, termasuk loading barang, menyiapkan panggung, hingga bersih-bersih setelah konser.

” Untuk persiapan sekitar dua minggu. Bongkaran dua hari, mulai loading (barang) tanggal 6, selesai konser 15. Berarti 17 mereka loading out,” jelas Bangun.

Pesan Kepala Unit GBK pada Penonton Konser Coldplay

Bangun mengungkap bahwa persiapan ini menjadi bentuk layanan GBK, sehingga mereka tetap menjaga rumputnya dengan cara menutup menggunakan cover dari UK.

Pada akhirnya, ia menitipkan pesan bagi para penggemar Coldplay yang ingin senang-senang dengan idolanya di stadion nanti.

“Untuk penonton Coldplay, pesan dari kami GBK, pertama gunakan transportasi umum karena lahan parkir GBK sangat terbatas,” tegasnya.

Selain itu, penonton diminta untuk menaati aturan dari pihak promotor.

Ia berharap pengunjung yang datang untuk nonton konser bisa senang menikmati konser, menjaga stadion, menjaga kebersihan, dan menjaga keamanan.

Diperkirakan stadion ini akan dipenuhi oleh 60.000 orang saat konser Coldplay berlangsung.

Untuk pertama kalinya Coldplay konser di Indonesia pada 15 November 2023 mendatang.

Chris Martin dan personel lainnya akan menggelar Music of the Spheres World Tour di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Tiket pun sudah terjual ludes sejak Mei 2023 kemarin.