TANGSELIFE.COM – Menjelang keberangkatan peserta program mudik gratis 2024 yang tinggal menghitung hari, sejumlah persiapan terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) untuk memastikan perjalanan aman dan lancar.

Mudik gratis Pemkot Tangsel sendiri rencananya akan berangkat dari Terminal Tipe C BSD, Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, pada Kamis, 4 April 2024.

Kepala Seksi Angkutan Orang dan Barang pada Dinas Perhubungan (Dishub) Tangsel, Galang Andika mengatakan, salah satu dari persiapan mudik gratis yang dilakukan pihaknya yaitu melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Koordinasi tersebut guna mengintegrasikan data seluruh peserta yang tercatat mengikuti program mudik gratis 2024 Pemkot Tangsel.

“Jadi integrasi itu buat menyisir si peserta mudik yang dikhawatirkan terdaftar di dua tempat. Takutnya nanti kita sudah catat ternyata bukan di kita berangkat,” kata Galang, Sabtu, 30 Maret 2024.

Pemkot Tangsel Akan Ramp Check Kendaraan dan Test Urine Sopir yang Angkut Peserta Mudik Gratis 2024

Galang mengatakan, untuk memastikan keamanan dan keselamatan peserta program mudik gratis 2024, Dishub Tangsel nantinya juga akan melakukan ramp check ke seluruh armada yang digunakan.

Ramp check sendiri merupakan pemeriksaan kelayakan suatu kendaraan yang akan beroperasi baik dari sisi administrasi maupun sisi teknis.

“Untuk di hari H kita ada ramp check kendaraan untuk kelayakan kendaraannya, jadi biar aman dan nyaman diperjalanan,” tuturnya.

Selain itu, para sopir dan kernet yang bertugas mengantar rombongan mudik gratis juga harus melalui proses cek urine.

Hal itu guna memastikan sopir yang mengendarai bus tersebut sedang tidak dibawah pengaruh narkoba, sehingga meminimasir potensi terjadinya kecelakaan.

“Untuk supirnya sama asisten supir itu nanti ada cek kesehatan dan cek urine di hari H. Kita koordinasi seperti biasa, kalau mau keberangkatan mudik itu kita berkomunikasi dengan BNN dan Dinas Kesehatan,” terangnya.

“Agar benar-benar clear dan safety mulai dari awak kendaraan, kendaraan dan peserta mudiknya itu sendiri,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Andre Pradana
Reporter